Saturday, August 18, 2007

Refeksi : 7 Tahun Bermimpi dan Membangun Kenyataan


Banyak yang belum saya ceritakan disini bahwa niatan untuk berbisnis dan membangunnya sudah saya mulai 7 tahun yang lalu, yaitu sejak saya menjadi Senior Assisten Manager di suatu perusahaan IT yang sudah saya tempati sejak tahun 1993.

Kok bisa yaa... gak tau kenapa niatan itu pernah saya ungkapkan oleh atasan saya sekaligus teman saya waktu ditanya cita-citanya apa.

... Saya bilang saya akan punya bisnis dan kelak akan nyambi mengajar jadi dosen juga... tanpa disadari itu menjadi BIG PICTURE saya selama 7 tahun ini.

Pelan tapi pasti BIG PICTURE itu saya jadikan kenyataan,.. yang pertama adalah saya mulai sekolah lagi S2 di suatu universitas swasta untuk program IT selama 2 tahun,


yang kedua adalah ajakan berbisnis dengan system MLM, ..ini memang bukan bisnis beneran tapi saya anggap ini adalah awal saya mendapatkan pendidikan mindset yang berbeda dan yang pasti cocok dengan cara berfikir saya,..

namun sayang ini tidak bertahan lama hanya 1 tahun kurang saya menjalaninya,.. entah kenapa ada sesuatu yang kurang menurut saya..

yang ketiga adalah berbisnis konveksi, bermula dari ajakan seorang tetangga sekaligus temen dan sahabat saya yang mengajak berbisnis bareng...

saya awalnya oke aja tanpa pikir panjang,.. akhirnya saya yang antusias untuk membesarkan bisnis ini, mulai dari 2 mesin jahit hingga menjadi 30 mesin mulai dari mesin jahit, obras, kam, setrika, potong dll komplit.

Ini berjalan cukup baik dalam beberapa tahun dan saya sangat optimis dengan hasilnya,.. sekali lagi akibat ketidak konsistenan dan tidak yang fokus bisnis ini jalan ditempat dan akhirnya sekarat karena saya dan sahabat saya itu masih bekerja menjadi pegawai di tempat lain.


Yang keempat adalah bisnis Garmen, jualan baju muslim anak-anak... walaupun awalnya saya sangat yakin ini adalah PASSION saya karena saya mulai dengan diskusi dengan temen2 TDA FOUNDER yang juga sama2 berbisnis di ITC Mangga Dua,..

Setelah berjalan 1 tahun saya baru menyadari bahwa bisnis ini butuh perhatian penuh dan tidak bisa nyambi jadi pegawai, yang paling parah Business Cycle nya sangat pendek.

Untuk Baju Muslim Business Cycle hanya berjalan 3-5 bulan pada puncaknya, setelah itu akan mengalami penurunan,.. sampai sekarang saya masih menjalani walaupun hanya dirumah dan cukup suplay ke beberapa reseller .

Yang kelima adalah, saya coba susun lagi planning bisnis saya dengan lebih fokus dan memutuskan untuk RESIGN atau keluar kerja.

No comments: