Sunday, August 26, 2007

Awas !!! Jebakan Biaya Tetap - http://agusali.blogspot.com




Buat yang sudah biasa berbisnis atau paham akan bisnis pasti sudah sangat tahu apa arti BIAYA. Bahasa gaulnya atau bahasa umumnya, biaya atau cost adalah sejumlah uang yang dikeluarkan baik rutin atau tidak rutin (Variable Cost atau Fixed Cost) oleh badan usaha atau perusahaan untuk kelangsungan jalannya perusahaan.... ini teori banget yaa...

Pokoknya gitulah... segala sesuatu yang dibayar atau CASH OUT itu namanya biaya.. itu aja yang paling gampang,.. . Logikanya ada CASH OUT atau biaya keluar pasti ada CASH IN atau pendapatan yang masuk,... kalo enggak perusahaan pasti bangkrut, prosesnya bisa nanti di pendapatan yang masuk ada untung atau rugi lain lagi ceritanya..

Contoh beli baju di tanah abang adalah sebagai CASH OUT, terus jual baju di kios sendiri sebagai CASH IN, mau itu nanti ada untung atau margin 5%, 10% atau 50% itu adalah profit yang masih kotor karena belum dihitung biaya transport, biaya gaji karyawan, biaya ongkos delivery dll, kalo sudah dikurangi itu semua baru namanya NET PROFIT atau keuntungan bersih,... wah seperti ini gak usah saya kasih tau kayaknya sudah pada tau semua yaa...

Ngobrol2 mengenai BIAYA, saya cerita sedikit mengenai beberapa CUSTOMER nya QUANTUM Business & Investment, mereka dateng ke saya atau Pa Roni dan Pak Her ingin diperbaiki bisnisnya dan setelah kami analisa, kami check, kami investigasi, semua masalah ada pada mereka sendiri, salah manajemen, salah urus, dan yang terbesar adalah mereka kena JEBAKAN BIAYA TETAP atau FIXED COST TRAP atau RACE RAT kata Robert Kiyosaki.

Apa sih Jebakan Biaya Tetap ??? Pak Roni pernah cerita di blognya yaitu di http://mybusinessblogging.com/roniyuzirman/2007/06/30/hati-hati-dengan-jebakan-biaya-tetap/ disitu Pak Roni menceritakan pengalamannya kena jebakan biaya tetap.

Biaya gaji pegawai, biaya sewa kantor, biaya listrik, biaya telpon, biaya koneksi internet, biaya HP, biaya modal kerja... itu semua adalah biaya tetap yang harus dikeluarkan tiap bulan dengan jumlah yang sudah pasti tiap bulannya, sedikit berbeda dengan Pak Roni memang yang biaya tetapnya adalah biaya sewa kios selama 3 tahun yang tidak bisa di utak atik uangnya, saya melihatnya dari sisi pengeluaran tetap tiap bulannya.

Berikut daftar biaya-biaya yang mengandung jebakan yang harus diwaspadai oleh pemilik bisnis, bukan berarti menghilangkan tetapi harus dikurangi dan di maintain :


-Biaya Gaji Pegawai, kalo pemilik sudah memutuskan gaji minimal pasti gaji tersebut yang harus dikeluarkan tiap bulan ... lebih boleh kalo ada bonus, kurang gak boleh karena yang namanya gaji sangat sensitif, gaji kurang efeknya karyawan bisa bermasalah.

Untuk itu berhati-hati bila ingin menaikkan gaji pegawai, lebih baik dirangsang dengan biaya variable seperti bonus, target dll. Jangan sampai merekrut karyawan yang kita tidak tau akan di tempatkan dimana, atau hanya ingin bantu temen atau saudara yang hasilnya akan menaikkan biaya gaji pegawai.

-Biaya Sewa Kantor, ini sudah pasti biaya tetap, biasanya sewa tempat kalo office minimal 3 bulan, kalo RUKO bisa 2 atau 3 tahun ,.. bayangkan kalo sewanya mencapai ratusan juta pertahun. Untuk itu harap hati2 apabila ingin sewa ruangan kantor atau RUKO, biaya ini adalah jebakan paling dalam.

-Biaya Listrik, Telp, Internet, kadang kita lupa dengan biaya2 ini, kita pikir ini kecil2 saja, tetapi bila dikumpulkan akan menjadi besar dan membuat bertambahnya biaya pengeluaran tetap kita. Usahakan jangan melihat besar kecilnya biaya, semua harus diwaspadai dan dicermati pengeluarannya.

-Biaya Cicilan Hutang Bank, biaya cicilan pada waktu kita beli aset seperti kendaraan, rumah, ruko atau tanah yang diagunkan di Bank, dan nilai pengeluarannya atau biaya yang harus dicicil lebih besar dari pada bila aset tersebut di sewakan.

Ini adalah jebakan yang sering dan banyak dilakukan oleh temen2 saya, bahkan ada yang beli aset yang diagunkan di Bank tetapi aset tersebut tidak bisa menjadi penolong bisnis bahkan menambah sakitnya bisnis.

-Biaya Cicilan Hutang Modal, biaya cicilan hutang modal, atau hutang terhadap produsen, terhadapa vendor atau terhadap pihak ketiga yang kadang sering kita lakukan gak sengaja tetapi saking asiknya akhirnya terus menerus dilakukan gak bisa berhenti.

Semua jebakan diatas itu membuat bisnis kita menjadi sia-sia, menjadi percuma karena uang yang kita hasilkan akan habis terus tiap bulannya untuk membayar hutang-hutang dan timbulah RAT RACE atau kita sudah masuk ke dalam Jebakan Biaya Tetap yang susah untuk keluar dari masalah ini.

Banyak customernya QUANTUM jadi capek sama bisnisnya, karena berapapun uang dimasukan ke dalam bisnisnya pasti abis, sudah pasti efek dari Jebakan Biaya Tetap bisa mengarah ke SDM, MANAJEMEN, dll, semua jadi bermasalah, salah urus dsbnya.

Perusahaan ini seperti benang kusut yang harus diuraikan satu per satu, karena kalo sudah parah sekali bukan uang lagi masalahnya tetapi semua sisi ya Finance, SDM, Marketing dll.

Kami dari Quantum sering menguraikannya, tetapi kadang ada beberapa customer yang tidak sabar dan efeknya bukan memperbaiki malah menambah luka. Mereka ingin cepet-cepet selesai langsung masukin duit bayar hutang, tapi masalah lain masih ada yang menyebabkan hutang ini timbul lagi.


Sekali lagi.... Awas hati-hati dengan Jebakan Biaya Tetap... sekali terkena anda akan lemes, capek, pusing 7 keliling, dan sulit untuk memperbaiki sendiri, anda perlu Quantum Busines & Investment untuk memperbaikinya.


Salam Funtasticc



Agus Ali
http://agusali.blogspot.com/
Qunatum Business & Investment
Managing Partner

No comments: