Wednesday, January 15, 2014

Mindset

Mindset apa sih bro...? Itu salah satu pertanyaan gampang-gampang susah yang harus saya jawab dengan ilmiah, bisa aja sih ngasal tapi saya juga harus tau banget artinya, ngemeng-ngemeng soal Mindset ...mindset ..mindset kalo gak ngerti atau ngerti pas-pasan pada bae lah..

Sering kali kita mendengar kata mindset tetapi mungkin kita belum tahu apa arti mindset. Mindset sebenarnya dua kata bahsa Inggris yang digabung menjadi satu yaitu "mind" dan "set". Mind berarti pikiran, akal, ingatan. Sedangkan "set" adalah kumpulan, perangkat atau aturan.

Dalam sebuah buku The Secret of MINDSET karya Adi W. Gunawan disimpulkan bahwa Mindset adalah Pikiran atau sekumpulan Ingatan atau cara berFikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan hidunya.

Kalo saya cenderung setuju dengan pendapat tentang MindSet yaitu:  Pola Pikir yang mempengaruhi Pola Kerja. Simpel kan... ga usah ruwet di buat sederhana ajah. Contoh : Menjadi Pengusaha, berapa lama anda terpengaruh menjadi Pengusaha? kalo saya butuh waktu beberapa tahun untuk merubah Pola Pikir saya menjadi Pola Kerja.

Saya bekerja sejak tahun 1993 dimana MindSet saya sejak sebelum lulus kuliah adalah Bekerja... Alhamdulillah Pola Pikir sebelum lulus bisa bekerja tercapai... prosesnya berlangsung cepat, ngelamar pake Nilai Ujian Negara yang nilainya bagus-bagus, IPK di atas 3 padahal total IPK saya ga sampe 3 yah nyaris 3 sihh... hehe nyariss.. kalo perusahaan tahu saya pasti di tolak karena syarat utama IPK min. 3 ... yah pada akhirnya tinggal gimana cara saya melakukan komunikasi racun atau speak-speak poison aja ke HRD waktu itu..hahaha Pola Pikir mempengaruhi Pola Kerja saya untuk melakukan sesuatu supaya bisa di terima jadi karyawan...ya gak bro..:)

Setelah 13 tahun bekerja tahun 2006 ketemu Pak Roni, Pak Iim, Pak Hantiar dll para founder TDA. Disitulah MindSet saya di rubah total dari yang MindSet karyawan menjadi MindSet Pengusaha. Memang sih sejak tahn 2000 saya sudah mulai bisnis kecil-kecilan, istilahnya Ampibi, jadi karyawan juga plus nyambi jadi pengusaha, hasilnya Alhamdulillah gagal.... maklum Pola Pikir belum banyak mempengaruhi Pola Kerja utk menjadi pengusaha.

Saat ketemu dengan founder2 TDA itulah saat-saat dimana seluruh energi Pola Pikir saya untuk berubah menjadi pengusaha terbentuk. Akhirnya di tahun 2006 saya memutuskan resign menjadi karyawan dan bekerja untuk perusahaan sendiri sampai saat ini. Seluruh Pola Pikir menjadi karyawan di rubah menjadi Pola Pikir menjadi pengusaha alhamdulillah bisa mempengaruhi Pola Kerja saya selama menjadi pengusaha.

Plus minus jatuh bangun saat situasi bisnis di atas atau di bawah, kalo Pola Pikir sudah menjadi Pola Kerja Insya Allah itu menjadi cerita manis dan menjadi sejarah dalam perjalanan membangun perusahaan.

Begitu juga saat saya merubah MindSet ingin kurus dan badannya Sixpack, yang dulunya lingkar perut 35 cm setelah mencoba beberapa obat diet, minuman dll gak berhasil akhirnya ketemu metode sederhana dari Dedy Corbuzier, Alhamdulillah seluruh energi dan MindSet di rubah, yang dulunya pola makan seperti orang ngamuk di rubah jadi pola makan sederhana... plus olahraga tiap hari.... akhirnya lingkar perut menjadi 29 dan di umur yang sudah mendekati udzur ini masih bisa keliatan agak-agak sixpack dikit lah hehehe...

Itu lah Pola Pikir mempengaruhi Pola Kerja... persoalan pengen kurus sudah lama di angan2 sejak 5 - 10 tahun lalu, beberapa metode sudah dilakukan tapi karena tidak maksimal ya gak ngefek... Intinya adalah Pola Pikir mempengaruhi Pola Kerja.. semangat diet, olahraga karena pikirannya ingin kurus, sehat, kuat ber energi. Istri senang dan bahagia, anak-anak senang ikut-ikutan olahraga, dokter saya yang sedih karena jarang di kunjungi.

Semoga bermanfaat


Agus Ali S.

Facebook : www.facebook.com/agusalis
Twitter: @agusali

www.agusali.com
agusali.blogspot.com

No comments: