Thursday, January 16, 2014

@memberiid = memberi ide



Kalo yang paham socmed twitter pasti paham komunitas @memberiid, saya salah satu follower nya. Komunitas ini sangat luar biasa menurut saya. Mas Yuswohadi, Ibu Diah Yusuf, Pak Dewanto, Pak Ari Ony dll sebagai penggiat komunitas ini luar biasa semangatnya untuk memperkenalkan anggota komunitas belajar langsung dari pemilik bisnis. Cek di Bio twitter : Komunitas Memberi - Dgn spirit of giving membangun merek-merek lokal Indonesia (khususnya, UKM n Industri Kreatif) untk menjadi tuan rumah di negeRI sendiri. Para founder menularkan semangat memberi untuk para pengusaha dan calon pengusaha di Indonesia juga membangun merek2 lokal di Industri kreatif.

Salah satu yang pernah saya ikuti saat sowan ke perusahaan Sunpride, perusahaan distribusi buah-buahan terbesar di Indonesia. Saya sangat terkesan dimana pemilik dan direktur Sunpride turun langsung menjelaskan sejarah bisnisnya, filosofi dalam berbisnis dan kekuatan bisnisnya.

Sunpride sangat fokus dalam bisnis distrbusi buah-buahan lokal di Indonesia, mereka menggandeng petani-petani lokal mengajarkan cara menanam yang baik dan target panen sesuai kualitas Sunpride, mereka membuat perjanjian dan kontrak dengan para petani lokal. Karena Sunpride fokusnya di distribusi, sampai transportasi buah-buahannya tidak di jalankan melainkan di sub kontraktor ke perusahaan transportasi dan warehouse. Kerjasasma bisnis yang keren, satu sisi fokus ke bisnis masing-masing sisi lain bagi-bagi rejeki.

Komunitas @memberiid, perusahaan Sunpride yang melakukan kerjasama bisnis, intinya adalah saling memberi satu sama lain, tidak serakah, punya ilmu bagi-bagi, punya bisnis ajak kerjasama yang fokus dan ahli dibidangnya.

Ini yang menarik saya membuat ide sederhana, saat ini kebutuhan keluarga saya akan cabe, tomat dll cukup tinggi untuk kebutuhan sehari-hari. Mungkin bukan hanya keluarga yang perlu makan sambel (cabe) dan tomat juga para tetangga di rumah pasti perlu juga.

Beberapa bulan terakhir saya memutuskan mencoba berkebun, ikut komunitas berkebun @idberkebun @jktberkebun dan @bksberkebun, saya banyak belajar berkebun dari pengalaman temen2 di komunitas ini. Lihat hasil berkebun temen2 di komunitas ini menarik sekali bisa tanam Sawi, Kangkung, Cabe, Tomat dll di rumah sendiri untuk konsumsi sendiri atau di jual ke yang berminat atau juga di berikan ke tetangga atau teman2 komunitas.

Dari hasil searching dan belajar berkebun, saya memutuskan untuk ambil pacul, sekop untuk macul dan menyiapkan lahan untuk saya tanam sendiri. Ide nya adalah saya tanam cabe dan tomat. Saya beli bibit cabe hijau, cabe merah keriting dan tomat di toko tanaman, saya tanya ke penjualnya bagaimana saya memulai tanam cabe dan tomat. Nanti nya saya akan tanam di sekeliling rumah plus juga rumah tetangga kiri kanan. Saya coba hal sederhana untuk para ibu rumah tangga gak perlu lagi beli cabe dan tomat di pasar atau tukang sayur. Silahkan ambil hasil tanaman cabe saya dan tetangga sebelah rumah GRATISSS.

Saat ini sudah ada puluhan polybag cabe-cabe dan tomat saya yang siap tanam di sekitar rumah saya dan tetangga. Insya Allah beberapa bulan ke depan solusi untuk keperluan cabe dan tomat di rumah saya dan para tetangga, para pemulung, atau saudara-saudara yang mampir ke rumah bisa teratasi. Cabe dan tomat gak perlu beli lagi,.. Alhamdulillah. Target saya beberapa taman di lingkungan komplek rumah akan saya tanam cabe dan tomat, nantinya bukan hanya cabe dan tomat tetapi bisa juga tanaman kangkung, sawi, terong dll untuk kebutuhan rumah tangga. Usaha yang sederhana untuk lingkungan rumah saya. Hanya itu yang bisa saya buat untuk mengatasi kebutuhan keluarga dan lingkungan rumah saya, hanya memberi sedikit.


Semoga bermanfaat


Agus Ali
@agusali
www.agusali.com
agusali.blogspot.com

No comments: