Sunday, April 27, 2008

Bahasa RPG AS400 bukan Bahasa Komputer Biasa




RPG adalah bahasa pemrograman High Level yang di-disain untuk keperluan bisnis, biasanya berkolabarasi dengan COBOL, ingat COBOL juga punya aturan ketat dalam penulisan sintaknya, yang menggunakan kolom-kolom dan specification area.

Mengapa RPG atau COBOL menggunakan kolom dalam penulisannya karena pada zaman nenek moyang kita dahulu dimana monitor input adalah barang mahal, maka waktu itu diperkenalkan yang namanya program punch-card, agar memudahkan digunakan kolom-kolom.

RPG merupakan singkatan dari Report Program Genarator, yang pada awalnya dikhususkan untuk membuat report-report (kalau sudah mendalami, akan dirasakan betapa mudahnya membuat report dengan berbagai macam format layaknya crystal report).

Pada perkembangannya RPG menjadi bahasa yang digunakan untuk pengembangan bisnis dan bukan saja report.RPG sebenarnya multi platform, standard internationalnya mengacu pada RPG III. RPG IV atau RPG/ILE merupakan non-standar RPG yang dikembangkan khusus untuk I Series.

Pada RPG/ILE untuk specification C kita bisa coding bebas tanpa terikat dengan kolom (menggunakan /FREE). Masing-masing specification biasanya memiliki sub specification (untuk F, I, C). RPG/ILE mengenal pointer memory karena sifatnya sebagai language embeded.

Untuk coding RPG sendiri diperlukan penempatan code yang benar, salah-salah menempatkan code hasilnya akan error atau tidak terbaca. Gambar diatas adalah contoh source code. Bisa dilihat kalau penempatan codenya harus benar, kalau meleset sedikit saja maka compiler akan menganggap itu error.

Caranya bagaimana? cukup dengan menekan F4, maka akan ditampilkan form sederhana untuk menulis code. Lantas di form tersebut, jika ingin menulis sesuatu tetapi tidak tahu mau diisi apa di field tersebut, maka bisa teken F1 atau help dan akan ditampilkan untuk field di form tersebut.

Cara penulisannya juga berbeda dengan bahasa pemrograman lain, kalau coding di high level language, untuk setiap statement if ataupun while, akan kasih indent agar yang melihat codingnya juga nyaman. Tapi di RPG harus menulisnya semua rata, tidak ada indent sehingga jika ada if ataupun while maka harus beri comment supaya memudahkan mencari awal dan akhir dari if ataupun while tersebut.

Struktur di RPG yaitu ada main source section dan subprocedure section. Di RPG IV ada form spesifikasi yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan penulisan spesifikasi tersebut harus berdasarkan urutan sebagai berikut:


- Control specifications (ditandai dengan 'H'), memberikan info (program name, format date, debuging info) untuk compiler mengenai bagaimana program di-compile dan dijalankan.

- File description specifications (ditandai dengan 'F'), mendefinisikan semua table yang digunakan di dalam program.

- Definition specifications (ditandai dengan 'D'), mendifinisikan semua variable yang digunakan di dalam program.

- Input specifications (ditandai dengan 'I'), mendefinisikan semua input records dan fields yang digunakan di dalam program.

- Calculation specifications (ditandai dengan 'C'), mendefinisikan proses operasi dan perhitungan seperti membaca mengubah dan menambah record di table, dan melakukan perhitungan .

- Output specification (ditandai dengan 'O'), mendefinisikan output records dan fields yang digunakan oleh program.

Setelah source code jadi, dicompile dan dijalankan (dengan mengetik line command 'CALL PGM_NAME'). Untuk mendebug program bisa menggunakan line command 'STRDBG' start debug lalu tekan F4, yang nantinya bisa menginput program name yang mau di debug dan ada di library yang mana. Debuger cukup familiar karena sama persis dengan debugger Visual C++ dimana bisa menentukan breakpoint dan watch value.

Buat yang mau coba-coba RPG Programming ini, setidaknya pernah menggunakan sistem operasi OS/400, karena OS400 bener-bener beda dengan Windows maupun Linux.

Semoga bermanfaat.


Agus Ali S,
http://agusali.blogspot.com/
Pengajar, Profesional dan Pemilik Perusahaan

PT. Mitra Global Sejahtera
www.400education.com
Gedung 1 BPPT, Jl. MH Thamrin No.8
Jakarta Pusat 1340
Telp. 3142725, 3142864
Fax. 3168624

2 comments:

joeykunda said...

mas agus, kok kalau S1 ilmu komputer ngga dapet kurikulumnya ya mas? saya liat AS 400 juga banyak diperlukan juga sih. kan jadinya yang mau apply pada ngga bisa karna ga ada kurikulumnya ya mas. mas bisa ajarin kita yang ga bisa?

Dearova said...

setuju tuh sama yg diatas