Thursday, April 17, 2008

7 Tips Mengelola Kredit dengan Cerdas


Setelah kita mendapatkan kredit atau utang dari suatu bank lantas bagaimana? salah-salah bukannya untung malah buntung, karena seperti yang sudah diceritakan sebelumnya bahwa kredit atau utang adalah seperti 2 mata pisau, bila salah penggunannya akan membunuh kita tapi bila benar akan menjadi senjata andalan kita dalam berusaha.

Berikut 7 Tips bagaimana Mengelola Kredit dengan Cerdas

#1. Kenali dulu sifat usaha

Sebelum memutuskan mengambil kredit sebaiknya kenalin dulu deh sifat usaha yang dilakukan. Ini penting karena jalannya bisnis ke depan setelah kredit diambil akan ditentukan pengetahuan tersebut. Apakah usaha yang ditekuni memberikan hasil yang stabil sepanjang waktu atau hanya usaha musiman yang sangat ramai di waktu-waktu tertentu adalah pertanyaan yang patut dijawab. Semakin tinggi naik turunnya usaha maka resiko usaha jadi semakin besar pula.

Bila resiko usaha semakin besar sebaiknya rasio antara modal sendiri dan utang diperkecil. Soalnya pembayaran cicilan utang pokok dan bunga harus selalu dibayar, inget aja beban bunga mausk biaya tetap (fixed cost) harus tetep dibayarin walo usaha naik atu turun kayak ayunan.

Setelah itu, diliat deh bidang apa aja yang perlu ditambahin dananya, untuk modal kerja atau sekedar investasi.

#2. Berapa banyak kredit diambil?

Gak ada nih teorinya yang bisa dijadiin rumus yang tepat berapa sih kredit yang harus diambil? intinya matoknya gampang, kalo ada tambahan bunga dari kredit usaha masih bisa dapetin laba bersih, kalo kata Pak James Cash Flownya positif dah.

Karena buat apa ngambil kredit kalo gak punya laba? capek doangan kan .. nah ada nih pendapat yang paling sopan minimal pengusaha harus punya modal 30 persen yang berkaitan lansgung dengan usahanya. Nah kalo untuk kredit skala kecil dan mikro sangat dimungkinkan rasionya jauh lebih kecil dan pake metode perhitungan yang juga sederhana.

#3. Takar dulu kekuatan sendiri

Dalam bisnis, modal uang emang yang paling mutlak dah ... tapi katanya uang bukan segala-segalanya, tapi juga segala-segalanya sekarang pake uang .. nah bingung kan yang bener yang mana. Selain uang yang paling utama justru adalah tekad, sikap, pengetahuan dan relasi, ini nih yang paling penting.

Artinya kalo anda-anda mau terjun ke dunia usaha maka tekad baja (bukan Gatotkaca otot kawat tulang besi yaa), sikap yang tepat, pengetahuan yang cukup, jaringan yang luas dan satu lagi alasan yang paling kuat kenapa anda ingin berbisnis adalah modal awal yang sangat baik, tanpa itu sekali-kali anda kena cobaan dan tantangan anda akan mudah menyerah dan berhenti berbisnis.

Jadi kalo masih butuhin uang tambahan, untuk awal cari aja modal sendiri, kekuatan sendiri bisa dari tabungan, jual aset mobil, rumah atau tanah, warisan, sampe pinjem dari keluarga, temen atau saudara.

Apalagi biasanya bank lebih suka sama usaha yang sudah berjalan, lebih mudah di ukur oleh bank, bisa prospektif atau enggak nanti bank yang menilainya. Nah buat anda-anda pebisnis pemula banget pake deh modal sendiri, biar kecil yang penting modal sendiri, kalo udah jalan 1 tahun aja kan keliatan tuh cash flow dan laporan neracanya baru deh niatin pinjem di bank, ini cara yang aman. Kalo mau cara yang ekstrim dan rada beresiko cobain aja cara punya bisnis gak keluar duit, gesek kartu kredit diputer-puter sampe puyeng, beli properti dapet cash back, sampai modal proposal dan ngomong doang bisa loo punya usaha.

#4. Berapa modal usaha yang harus dialokasikan?

Wah ini rada sulit juga nentuin berapa sih porsi dari uang yang kita punya untuk dijadiin modal usaha. Apa kalo punya tabungan yang lumayan gede harus dialokasikan seluruhnya jadi modal usaha?.

Sekali lagi gak ada nih teorinya, pake filing aja deh, tapi ada ini beberapa patokannya jangan marah dulu yaa .. gini hitung dulu deh dana rutin yang harus dikeluarkan sehari-hari keluarga dan kewajiban-kewajiban yang harus dibayar, amanin dulu dah dana untuk bayar ini, kalo udah aman baru mikirin soal bikin usaha de el el, kalo tabungannya dikit ya usahanya jangan gede-gede, mulai dari yang kecil dulu deh, tapi harus dimulai kalo gak nanti cuma jadi ngimpi doangan.

$5. Besar kecilnya bunga dan jangka waktu pengembalian

Kalo udah manteb banget mau pinjem duit dari bank untuk pengembangan usaha (ini untuk ngembangin usaha yaa, bukan mulai usaha) nah sekarang tinggal dicari deh paket kredit dan pemberi kredit yang baik dan cocok sama kita.

Bunga kredit yang ditawarin sama bank bisa tuh dijadiin pertimbangan, tapi bukan satu-satunya yaa.. pertimbangan lain bisa persyaratan yang gampang, cepet tidaknya persetujuan kredit sama cocok gak nih kredit yang kita minta sama yang dikasih oleh bank. Karena kalo gak cocok nih sama yang kita minta sama juga boong dah, kita jadi susah juga untuk bikin usaha jadi berkembang maksimal.

Lamanya persetujuan kredit juga pertimbangan kalo enggak peluang bisa ilang tuh karena kita butuh respin yang cepat. Pendek kate segala pertimbangan harus dimasukin deh. Kalo mau detail jumlahnya berapa cobain deh tanya-tanya ke bank gak apa-apa kok, gratis kalo cuma nanya doangan.

#6. Minta penjelasan dan simulasi kredit

Penting banget nih supaya gak ragu-ragu dan was-was berapa yang kita ambil, berapa lama jangka waktunya, bunganya berapa dan cicilan berapa, perlu tuh kita minta penjelasan dan simulasi kreditnya.

Selain itu ada juga aturan-aturan lain kalo misalnya mau lunasin kreditnya bagaimana, kalo bunga naik atau turun bagaimana, atau tanya aturan-aturan lain seperti asuransi, ehh jangan lupa nanya ke banknya kalo mau minjem duit lagi gimana caranya, apa tinggal teriak doang duit ngucur atau harus di appraisal lagi, tanya jumlah plafon tertinggi kita juga penting tuh supaya kita bisa tau pinjeman maksimal kita berapa sih.

#7. Persiapan mengajukan kredit

Supaya lebih gampang dan lancar ngajuin kredit ke bank atau lembaga lain siapin deh data-data penting, kurang lebih data-data kayak dibawah ini deh:

- Data historis perusahaan : laporan keuangan (neraca dan rugi laba), arus kas penerimaan dan pengeluaran, pembelian jumlah produksi dan omset penjualan, modal, jumlah tenaga kerja yang digunakan, gaji, pengalaman, bahan baku dsbnya.

- Data proyeksi : proyeksi neraca dan rugi laba, rencana pembiayaan, sumber dana, penggunaan dana, kapasitas usaha, proyeksi penjualan dll.

- Surat-surat lainnya seperti NPWP pribadi atau perusahaan, akta perusahaan (SIUP, TDP) kalo ada, KTP, Kartu Keluarga dan Kartu Nikah (kalo udah nikah) buat yang usaha pribadi. Yang paling penting foto copy semua buku rekening yang ada. Kalo anda masih bekerja, surat keterangan gaji 3 bulan terakhir akan menjadi pertimbangan penting.


#Kawan Bukan Lawan

Kalo kredit udah cair, terserah anda deh mau dikelola dengan baik atau enggak, yang jelas kesempatan ini pake deh baik-baik, jadi dapet kredit usaha untuk ngembangin bisnis bukan untuk konsumtif.

Kalo naik turunya usaha siapa yang tahu, yang paling penting kalo ditengah jalan kredit mengalami masalah baeknya jangan lari, hadepin aja, minta keringanan bunga dan pembayaran untuk dijawal ulang, pihak bank pasti mengerti kok, gak ada jalan yang tertutup lebih baik dibicaraain baik-baik dengan pihak kreditur.

Kalo masalahnya cukup beralasan, pihak bank atau pemeberi kredit biasanya bisa paham banget dan kompromi untuk cariin jalan keluar. Jadi pihak bank atau pemberi kredit adalah mitra usaha bukan lawan yang harus dihindari, dulu aja waktu mau minjem aja kita sok akrab banget giliran macet kok kabur, jangan gitu lah karena baik itu pengusaha atau bank sama ingin berkembang dan maju bersama.

Kalopun ada masalah, pinjem duit usaha di bank atau lembaga kredit ini kan bukan masalah pidana, ini masalah perdata jadi pihak bank pasti mau membantu karena bila macet maka sisi pengusaha dan bank sama-sama rugi, jadi lebih baik sama-sama untung.


Semoga bermanfaat !!!


Wassalam


Agus Ali, MM

Pengajar, Profesional dan Pemilik Perusahaan
PT. Mitra Global Sejahtera (IT Training & Education - www.400education.com)
PT. Putra Purwadi Laborindo (Reseller Peralatan Laboratorium dan Manufacturing)
PT. Putra Instrumenindo (Sole Distributor Peralatan Lab dab Mfg)
CV. Ceria Karya Utama (Autobridal 32 Cipinang, Cuci & Salon Mobil)

19 comments:

kensinbattosai1 said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://infogue.com/bisnis_keuangan/7_tips_mengelola_kredit_dengan_cerdas/

cil pel said...

Nice impo tengkiyu, sukses selalu

cil pel said...

Nice impo tengkiyu, sukses selalu

Grace Morgan said...

PINJAMAN CEPAT PENAWARAN ONLINE DI GRACE MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN ... Rahmat Morgan Pinjaman Perusahaan adalah penyedia terkemuka pinjaman Seluruh Dunia Tidak peduli apa kondisi keuangan Anda, kami dapat membantu Anda cash.We sendiri memberikan pinjaman untuk konsolidasi utang, perbaikan rumah, tanpa jaminan pinjaman, pinjaman kredit buruk, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman Auto, mengurangi Utang Kartu kredit, Real Estate dan hipotik pada tingkat bunga 2%. menawarkan pinjaman online kami cepat dan mudah untuk apply.it adalah 100% Dijamin dan safe.do hubungi kami sekarang untuk lebih jelasnya AT Gracemorganloancompany@gmail.com

Tania Tucker said...

Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui perusahaan kami taniatuckerloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu Tania
TANIATUCKERLOANFIRMLTD
taniatuckerloanfirm@gmail.com

maike dwisetiowati157 said...

i Mrs Maike dari Surabaya, Indonesia, saya menggunakan media untuk menginformasikan saudara dan saudari saya bagaimana saya mendapat pinjaman dari ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal saya tidak punya uang semua orang menolak saya saya, bank saya menyesal saya sampai paman saya memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang baik bernama Arnold Roland, mereka memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya dan mendirikan usaha tanpa agunan dengan bunga hanya 2%, mereka kuman belakang kehidupan saver, semoga Tuhan terus memberkati dia untuk perbuatan baik nya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan melalui email arnoldrolandloanfirm@gmail.com
dalam hal untuk setiap pertanyaan atau saran saya dapat dihubungi melalui email di maikedwisetiowati157@gmail.com. semoga damai dan berkah Allah menjaga kita semua.

Unknown said...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

Alyasaa Daburah said...

Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? yang Anda dalam utang? kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami. jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

Alyasaa Daburah said...

Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? yang Anda dalam utang? kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders said...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Widya Okta said...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Dr Purva Pius said...

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

BORROWERS APPLICATION DETAILS


1. Name Of Applicant in Full:……..
2. Telephone Numbers:……….
3. Address and Location:…….
4. Amount in request………..
5. Repayment Period:………..
6. Purpose Of Loan………….
7. country…………………
8. phone…………………..
9. occupation………………
10.age/sex…………………
11.Monthly Income…………..
12.Email……………..

Regards.
Managements
Email Kindly Contact: urgentloan22@gmail.com

zalinah aruf said...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

Solusi cepat kaya said...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
/.'''

Iskandar Lestari said...

Assalaamu'alaikum
   Kami memiliki pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman pembayaran hutang, untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, dan layanan pribadi untuk mendukungnya. Penurunan tarif, tidak ada biaya penutupan, dan biaya konsultasi, tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pemrosesan dll. Jadi, agar benar-benar efektif sebagai pemberi pinjaman uang, kami yakin penting untuk menawarkan berbagai macam layanan dan solusi.
- mulai dari jutaan {RM, RP, $, £, dll}
-24 jam persetujuan.
Suku bunga rendah.
-Tidak ada jaminan yang dibutuhkan
Rencana Angsuran yang Fleksibel.
- Rebate settlement awal
    Pinjaman Anda dapat ditransfer tunai langsung ke rekening bank Anda dalam satu jam Tidak ada penundaan yang diperlukan, kami memiliki tingkat persetujuan tertinggi di sekitar, jadi lanjutkan sekarang juga.
Kami juga berkomitmen untuk membuat keputusan dalam waktu sesingkat mungkin.
Kami terus berupaya meningkatkan layanan pelanggan sehingga kami dapat memberikan pinjaman yang disesuaikan untuk setiap klien

KONTAK ALAMAT
E-mail:::::: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
          :::::: {queenjamillah09@gmail.com}
          :::::: {anggaannisa1979@gmail.com}
BBM INVITE: {D8980E0B}

Iskandar Lestari said...

Assalaamu'alaikum
   Kami memiliki pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman pembayaran hutang, untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, dan layanan pribadi untuk mendukungnya. Penurunan tarif, tidak ada biaya penutupan, dan biaya konsultasi, tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pemrosesan dll. Jadi, agar benar-benar efektif sebagai pemberi pinjaman uang, kami yakin penting untuk menawarkan berbagai macam layanan dan solusi.
- mulai dari jutaan {RM, RP, $, £, dll}
-24 jam persetujuan.
Suku bunga rendah.
-Tidak ada jaminan yang dibutuhkan
Rencana Angsuran yang Fleksibel.
- Rebate settlement awal
    Pinjaman Anda dapat ditransfer tunai langsung ke rekening bank Anda dalam satu jam Tidak ada penundaan yang diperlukan, kami memiliki tingkat persetujuan tertinggi di sekitar, jadi lanjutkan sekarang juga.
Kami juga berkomitmen untuk membuat keputusan dalam waktu sesingkat mungkin.
Kami terus berupaya meningkatkan layanan pelanggan sehingga kami dapat memberikan pinjaman yang disesuaikan untuk setiap klien

KONTAK ALAMAT
E-mail:::::: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
          :::::: {queenjamillah09@gmail.com}
          :::::: {anggaannisa1979@gmail.com}
BBM INVITE: {D8980E0B}

Christian Morgan said...

Berikut adalah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, membuat Anda 2017 tahun sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman morgan christian di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam waktu satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

DATA PEMOHON:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Sex:
6) Status Pernikahan:
7) Bekerja:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Pinjaman Bunga:
14) Agama:
15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya;
16) Tanggal lahir;

Terima kasih,
Mrs Christian

Widya Okta said...

Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

dedi sumandi said...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).