Monday, December 17, 2007

Tanya : Mulai Bisnis Cuci Mobil


Bu Fitria, saya coba sharing pengalaman yaa dari pertanyaan2 ibu dibawah ini.

> Yang ingin saya tanyakan dan mohon sharingnya dari para senior adalah:

> 1. Untuk memulai usaha ini apa sajakah yang harus disiapkanselain tempat usahanya dan fasilitas pendukung

> 2. Apakah perlu perijinan dll


> 3. Bentuk kerjasama seperti di atas apakah cukup menguntungkanbagi kami? Ataukah ada alternatif lain yang lebih baik?

> 4. Usaha cuci mobil seperti yang dimaksud apakah memiliki prospekyang bagus dimasa yang akan datang?


Jawaban :

1. Ada beberapa yang harus dipersiapkan bu, yang paling menjadi kunci adalah:

a. ORANGnya.

Karena bisnis ini masih mengandalkan tenaga orang yang cukup banyak. Ini menyangkut ATTITUDE dan SKILL dari karyawan, hati-hati dengan ATTITUDE, maksudnya supaya OWNER lebih mengerti ATTITUDE calon karyawannya luar dalam,

yang penting adalah JUJUR, katakan saja ke CALON KARYAWAN jangan sekali2 mengambil barang2 di dalam mobil walaupun itu hanya uang KOIN 100 atau 500, sekali mencuri sebaiknya karyawan di keluarkan.

Mencuci mobil dengan skill BIASA dan skill AHLI itu hasilnya berbeda bu, maka itu saat masa rekruitmen ibu juga tentukan kriteria mana yang mau dipilih, yang sudah pengalaman atau belum ?

kalo yang PENGALAMAN jelas yang kita butuhkan komitmen dari mereka dan pasti mereka minta bayaran (atau sharing hasil kerja) lebihbesar dibanding yang BELUM pengalaman.

Begitu juga dengan si CALON KARYAWAN ini LULUSAN apa, SD, SMP atauSTM/SMA, nanti pengaruh ke GAJI mereka. Sebaiknya proses ini dilakukan oleh OWNER sendiri. Skill bisa dipelajari dengan Training atau Latihan tetapi attitude sulit untuk dirubah, sekali jelek akan sulit untuk merubah menjadi baik.

b. Sistem GAJI, BONUS dan TIPS,

nanti mau seperti apa GAJInya sharing hasil kerja atau bulanan, inget bu hati2 dengan JEBAKANBIAYA TETAP, sekali ibu memutuskan GAJI SEKIAN akan seterusnya menjadi BIAYA TETAP yang harus di tanggung pemilik ada atau tidak ada mobil yang dicuci.

Aturan pembagian BONUS dan TIPS juga harus jelas diaturnya, berapa persen si karyawan dapet bonus dsbnya.

e. ATURAN KERJA, penting sekali seperti jam masuk dan jam keluar, aturan dibuat dengan jelas misal TIDAK BOLEH MENCURI, bila ketahuan langsung dikeluarkan.

2. Sebaiknya yaa sementara IJIN LOKAL dulu saja, RT, RW, Kelurahan, setelah itu diurus ke Kecamatan. Ijin mendirikan bangunan juga penting bu, ijin tetangga kiri kanan.

Hati2 dengan LIMBAH, biasanya pasti ditanyakan apakah LIMBAHnya berbahaya apa tidak, sebaiknya air limbah masuk ke kolam penyaringan, dibuat saja seperti SEPTICTANK yg isinya batu, pasir, ijuk, areng, sabut kelapa dll, nah coba diusahakan deket bengkel cuci itu Ibu pelihara ikan dari air limbah(yg sudah disharing) itu katakan ke tetangga bahwa Ibu pelihara ikan dari air hasil limbah dan ikan itu masih hidup.

3. Coba ibu bandingkan dengan bila ibu sewa 1 tahun berapa ??kemudian Ibu masukkan biaya sewa itu dalam biaya2 pengeluaran untuk usaha cuci mobil ini, katakan Ibu sewa 3 tahun, nilainya berapa, beli peralatan berapa, surat ijin, rekruit karyawan dan semua biaya2 yg timbul, lalu dibuat ilustrasi perhitungan bisnis plan nya atau hitung2an BEP nya.

Misal, sewa tanah 1 tahun 5 juta, 3 tahun = 15 juta kemudian total biaya lain ternyata 100 juta, jadi total jendral 115 juta. Nah dari situ kan ketahuan bahwa nilai 15 juta sewa selama 3 tahun itu senilai berapa persen dari total keseluruhan pengeluaran Ibu.

Layak gak sih kalo sharenya 50-50, inget bu yg menanggung bisnis ini semuanya Ibu loo, INTANGIBLE juga perlu dimasukkan seperti IDE2BISNIS, KREATIFITAS, MENJALANKAN USAHA.. bila tidak ada kesepakatanuntuk share sebaiknya sistem sewa saja.

4. Insya Allah bu, usaha apapun sebenarnya berprospek, asal kita AHLI disitu, kita jadi MASTER disitu seperti BRAD SUGARS bilang, bila sekarang ibu atau suami belum tau dan belum pernah bisnis itu sebaiknya mulailah BELAJAR untuk tahu dari sekarang, cobalah MAGANG dan SURVEY ke beberapa lokasi yang bagus yaa jangan lokasi yang jelek, contoh yang baik diambil yg jelek dibuang.

Jangan merasa rendah diri untuk belajar CUCI MOBIL, belajar komunikasi dengan pelanggan dsbnya.

Nanti Customer Ibu sebenarnya adalah yang mencuci ke tempat ibu lebih dari 1x, saat pertama kali mereka datang lakukan dengan TERBAIK, anggap MOBIL SENDIRI dan bersihkan dengan HATI, setelah mereka dateng lagi, ibu tinggal maintain kualitasnya, mereka akan jadi PELANGGAN SETIA ibu.



Salam Funtasticc


Agus Ali
Owner AB32 Cipinang

1 comment:

Bengkel Stainless said...

boss klo pambagianuntk cuci mobil brp % untk keryawan + brp % untuk pemilik? klo 1 mobil Rp17.000 & klo Rp.20.000?
klo motor Rp.5000 + klo Rp.6000? makasih boss