Thursday, September 13, 2007

Menjadi PENGUSAHA Seneng PROSESnya apa Seneng HASILnya ???


Bicara mengenai seneng mana Proses apa Hasilnya .. wah hal yang sulit di jawab buat saya.
Proses menjadi Pengusaha buat saya itu pengalaman yang luar biasa, apalagi kalo Hasilnya tidak “dikalungi tengkorak” alias tekor, artinya Hasilnya sangat luar biasa yang saya dapet itu jadi motifasi lagi untuk maju.

Beberapa orang seneng Prosesnya .. seperti kata pepatah Life Is A Journey atau Hidup Adalah Perjalanan,.. pastinya yang favorit kalimat diatas seneng banget sama PROSES.
Walaupun jatuh bangun seperti yang dialami rekan2 TDA lainnya juga saya, kalo dikenang lagi seluruh PROSES sambil minum kopi dan tidur berbaring dipinggir kolam renang pasti ketawa dan senyum-senyum sendiri,..

he he kok bisa yaa saya (maksudnya kita-kita ini) di bohongin orang dan percaya aja lagi, kok bisa yaa saya rugi sekian juta dan survive sampai sekarang… kok bisa yaa saya enggak bunuh diri dan jadi buron padahal rugi sekian puluh juta, punya hutang dan dikejar-kejar yang punya duit.

Itulah PROSES, cerita Pak James yang manis-manis sampai milyaran pasti punya PROSES dibaliknya, ya proses ditolak orang, proses cari property panas, hujan, pagi, siang, malam tetep di lakonin. Cerita Pak Iim, yang proses ikut tender bikin dokumennya sampai subuh dengan saya (kalo saya cuma sampe jam 2 pagi).

Cerita Pak Roni yang dulu pernah naik dan turun bis untuk juala di Tanah Abang, berangkat pagi pulang malem dan bergantyngan serta berdesak-desakan di bis sudah pernah dilalui.

Cerita Bu Yulia yang pernah dimaki-maki orang tua temennya karena minjem duit waktu bikin Moz5, sedangkan orang tua temennya gak setuju dan menganggap Bu Yulia Cuma ngabisin duit temennya saja. Cerita Pak Faif, mulai dari sarang burung, ternak udang dll yang hasilnya habis.

Kalo di ilmu Project Manajemen, PROSES itu sangat penting, artinya tahapan-tahapan untuk mencapai suatu HASIL harus jelas, terukur, ada skedul, ada review, dan hasilnya.

Artinya didalam Proyek Manajemen apapun yang akan kita lakukan harus melewati PROSES, ada Proses Inisiasi, Mulai, Impelementasi, Review, Finish.


Maksudnya ada loo proses yang terdefinisi atau terstruktur,.. nah ini yang menarik bagaimana PROSES menjadi PENGUSAHA nantinya bisa dibuat terstruktur…seperti Proyek Manajemen dengan PMBOK (Proyek Manajemen Body Of Knowledge).

Lalu mengenai HASIL bagaimana ? saya sendiri pengalaman 13 tahun kerja dengan orang Jepang, mereka hanya fokus ke PROSES dahulu baru HASILnya. Kalo ada masalah berarti PROSESnya bermasalah, itu dulu diperbaiki.


HASIL akan baik bila PROSESnya sempurna. Jadi kalo HASIL nya baik tetapi PROSESnya tidak baik, ini hanya untung-untungan saja begitu kata mantan boss, mantan boss saya yang orang Jepang itu langsung bilang DAME yaa DAME artinya gak boleh yaa ga boleh… kamu salah walau hasilnya bagus.

Jadi bila mau berHASIL menjadi PENGUSAHA, kiranya PROSES kearah sana juga harus dikerjakan dengan sempurna step by step, banyak buku2 yang sudah dibuat tinggal pilih yang cocok mana buat PROSES kita menjadi PENGUSAHA yang berHASIL.



Salam Funtastic..


Agus Ali
“Menuju 11 Digit”

No comments: