Sunday, August 17, 2008

Suksesnya "Bisnis Titipan", Bisnis "Jadul" Untung "Maksimal"


Bicara mengenai "Titip" atau "Nitip" pasti semua orang pernah melakukannya, mulai dari anak saya, si Mbok, kakak, adik, mamah, papah semua pernah me"nitip"kan sesuatu kepada orang lain.

"Eh aku nitip beliin oleh-oleh yaa..." itu adalah perkataan seseorang kepada orang lain agar dibelikan sesuatu oleh-oleh, tentu biasanya duitnya pake duit orang lain itu dulu dan nanti bisa diganti.

"Mbok kalo ke pasar nanti, nitip beliin gado-gado yaa .." yang itu perkataan Nyonya rumah yang nyuruh si Mbok beliin gado-gado saat pergi ke pasar, pastinya sih duit udah dikasih duluan jadi si Mbok enggak nombokin dulu.

Kalo perkataan "aku nitip kue-kue kering ini yaa untuk dijualian di kantor kamu" nah kalo itu artinya si Ibu ini punya usaha kue-kue kering yang di titipin ke temennya untuk di jual ke temen-temen, temennya ibu itu... wah kebanyakan temen jadi rada ribet yaa jelasinnya..

Gini deh saya jelasin lagi tentang "Bisnis Titipan",.. pernah ke warung depan rumah gak, atau makan di kantin, di rumah makan atau restoran, nah ada sponsor "apapun makanannya minum teh botol sosro", udah pasti tau kan yang namanya "Teh Botol Sosro" yang terkenal itu, yang seger banget kalo diminum pake es batu, yang serasa di leher jadi basah saat buka puasa pake minuman ini,... mantaaf..

Pertanyaan selanjutnya adalah pernah tau gak model bisnisnya Teh Botol Sosro ?? sedikit informasi mengenai model bisnis Teh botol, Kue kering, Donat Kampung atau apapun produknya, model bisnisnya adalah "Titipan". Si Produsen atau Distributor "Nitip" produk2nya itu seperti Teh Botol, Kue Kering dan Donat Kampung ke warung-warung, rumah makan atau restoran, nanti setiap bulan baru deh itung-itungan. Jadi si pemilik warung gak perlu keluar duit buat modalin beli Teh Botol dulu, dan si distributor Teh Botol gak perlu bikin warung kecil-kecil untuk nempatin produknya.

Keuntungannya lainnya si pemilik warung, rumah makan atau restoran itu udah pasti dapet prosentase hasil penjualan tiap-tiap produk titipan itu, saat ini justru keuntungan si pemilik warung, rumah makan atau restoran terbesar dari hasil titipan itu aneh kan??, justru penghasilan dari usaha utamanya kalah dari usaha titipan orang lain.

Nah itu kalo di lihat dari kacamata keuntungan pemilik warung, rumah makan atau restoran. Kalo keuntungan di Produsen atau Distributor sendiri bagaimana? wah gak usah dibayangkan udah banyak contohnya, distributor Teh Botol, Aqua, Tabung Gas, Minuman Ringan, Snack & Kue2 Kering, Rokok dll, pasti lebih banyak lagi untungnya. Bayangin aja satu botol Teh Botol Sosro paling keluar duit cuma 500 perak, tapi di jual bisa 1000, 1500 atau 2000 perak tergantung lokasinya, gila kan bisa 100, 200 bahkan 300% keuntungannya??.

Dari "bisnis titipan" inilah saya punya ide lain,... saya nitip "Jasa Tune Up Plus, Spooring Balancing dan Service AC" ke tiap-tiap usaha jasa service mobil terutama bengkel mobil yang belum punya jasa seperti saya punya. Saya masuk ke Autobridal dan Shop & Drive yang notabene adalah Cuci Mobil dan Jualan Aki. Saya tempatkan peralatan saya seperti Gas Analyzer, Injector Cleaner, Spooring Balancing, AC dll, juga saya tempatkan mekanik saya disana. Pemilik franchise Autobridal dan Shop & Drive gak perlu keluar duit beli peralatan Jasa Tune Up Plus, Spooring Balancing dll, saya gak perlu bikin franchise Autobridal dan Shop & Drive, ... win-win solution kan!!

Hasilnya luar biasa.. satu-dua bulan jasa Tune Up Plus saya tempatkan di Autobridal dan Shop & Drive kita udah dapet omset 15 juta net di satu tempat (hasil bersih dibagi 2 antara pemilik Autobridal atau Shop & Drive dengan saya). Saat ini saya sudah punya di 4 tempat, dengan investasi 50 jutaan per lokasi,.. saya yakin hanya hitungan bulan saja bisa balik modal dengan cepat.

Bagaimana dengan jenis Jasa atau Produk titipan lainnya bisa gak yaa dibuat model bisnis seperti itu?? Wah udah pasti bisa,.. apapun jenis produk atau jasa udah pasti minumnya Teh Botol Sosro.. ehhh udah pasti bisa di buat "Bisnis Titipan" seperti itu, ini sebenarnya model bisnis lama kok,.. tinggal kitanya aja yang cermat dan kreatif untuk ngembangin usaha kita,... ya enggak ... ya enggakk..

Semoga bermanfaat..


Salam Funtasticcc

Agus Ali
http://agusali.blogspot.com/
Yansspeed "Tune Up Plus Spesialis"
(AB32 Cipinang, AB22 Cimanggu-Bogor, AB23 Semeru-Bogor, Super Shop & Drive Klp Gading, Next .. Cibubur, Pulo Gebang, Jatiwaringin)
www.400education.com (IT Training & Management For Banking)

5 comments:

Qky said...

wah... hebat, tulisan sederhana tapi dahsyat... salam kenal pak :)

wah mau juga tuh ketitipan, hehehe tapi kudu punya tempat ya, pak?

febrialdi said...

salam kenal pak.ide yang bagus sekali pak

addin albana said...

salam pak saya adin dari magelang saya punya bengkel variasi khsus bis kalo ingin kerjasama gimana pak
hp 08562589174
email addinhandayani@yahoo.co.id

Yayan said...

Like this...

Suhar Tanto said...

Luar biasa Dan mudah dipahami