Tuesday, August 12, 2008

Tips Kreatif Kecipratan Bisnis Franchise


Memiliki franchise bisnis adalah idaman dari semua pebisnis baru, saat pameran franchise kemarin saja banyak sekali penawaran bisnis yang ditawarkan oleh para pengunjung. Para pengunjung yang dateng kesana sudah pasti ingin mencari sesuatu yang baru, model bisnis yang baru atau bisnis kreatif baru, beberapa temen2 TDA yang menawarkan ide-ide bisnis baru yang ikut pameran banyak yang menampuk rejeki mendapatkan peluang kerjasama bisnis.

Beberapa kekurangan manajemen dari franchisor-franchisor lama dan tanpa solusi membuat pengunjung yang haus akan bisnis dan sudah tahu mengenai usaha franchise ini baik buruknya banyak yang melirik temen2 TDA.

Lantas bagaimana dengan temen-temen lain yang tidak punya bisnis, yang ingin berbisnis tetapi mungkin gak mau dan gak mampu membeli franchise atau juga yang sudah pernah punya franchise lantas menjual bisnisnya dan sedikit trauma dengan hal yang berbau franchise.

Sebenernya sih ada pepatah bilang "Don't Say No To Anything", kata AA GYM "jangan pernah berkata tidak pada sesuatu yang kita belum tahu" katanya. Contoh dulu pernah berbisnis kemudian bangkrut lantas langsung teriak "saya tidak akan berbisnis lagi" ehh ternyata setelah beberapa bulan ada peluang bisnis lagi yang lebih oke,.. akhirnya menelan ludah sendiri,.. untuk berbisnis lagi,.. he he.. ya begitulah bisnis.. kayak makan rujak,.. ke-pedes-an trus kapok .. kalo ada rujak yaa di makan lagi...

Lantas kalo gak mau atau gak bisa punya franchise trus gak bisa bisnis dong ? yah ini tantangan buat para pebisnis untuk lebih kreatif. Berikut beberapa tips sederhana supaya kita bisa dapet kecipratan bisnis bahkan bisa dapet lebih besar dari pemilik franchise.

  1. Berkenalanlah dengan pemilik Franchise2 besar sesuai bisnis yang anda minati, contoh bila ingin berbisnis BAKSO ya coba kenal dengan Cak Eko dan pemilik franchisee Cak Eko seluruh Indonesia.
  2. Bila gak pede bisnis sendiri coba aja cari sahabat atau temen atau saudara yang ahli atau expert di skill nya yang bisa diajak gabung untuk berbisnis, ini prinsip Pak Tung Desem, bila ingin join bisnis, harus sama yang ahli dibidangnya.
  3. Tawarkan kepada pemilik franchise (Franchisee atau Franchisor) apakah mereka ingin mendapatkan tambahan income sementara mereka gak perlu keluar dana bahkan produk-produk usahanya jadi bertambah hanya dengan menempatkan produk2 kita di tempat mereka.
  4. Yakinkan pemilik franchise itu bahwa produk anda adalah produk pelengkap yang dijual di franchise itu, juga produk terbaik, diperlukan oleh banyak orang, gampang dijual dan sangat menguntungkan.
  5. Gunakan teknik "berburu di kebun binatang" untuk menjual produk anda selain ada banner besar yang mempromosikan produk anda dan bisa juga tambahkan bonus-bonus tertentu untuk menarik perhatian.

Jadi bila ingin dapet kecipratan dari bisnis franchise nya Bakso Malang Kota Cak Eko, Moz5 Bu Yulia, Shop & Drive atau Autobridal kita gak perlu punya franchisenya, cukup dengan masukan produk pelengkap di Cak Eko, Moz5, Shop & Drive dan Autobridal anda pasti bisa dapet cipratannya atau bahkan bila menjadi besar akan menjadi "basah" lebih basah dari pemilik franchise.

Ini Win-Win solution kok, tanpa mengurangi rasa hormat saya dengan Cak Eko dan Bu Yulia Moz5, bukannya saya melarang untuk membeli franchise, saya yakin mereka bisa setuju dengan usulan ini, karena saya sudah coba di Shop & Drive, hasilnya perusahaan besar seperti Astra Otoparts langsung tanda tangan MOU dengan saya untuk masukan produk pelengkap di seluruh Shop & Driive di Indonesia, contohnya ada di Shop & Drive Kelapa Gading, Autobridal 22 Cimanggu Bogor, Autobridal 23 Semeru Bogor, Autobridal 32 Cipinang, Auto Car Wash Cibubur (menyusul), Mall Mangga 2 Square (menyusul) dan TODA motor (menyusul).




Agus Ali
http://agusali.blogspot.com/
'More Close To 11 Digit'