Wednesday, September 10, 2008

Memberi Dulu Baru Meminta atau Menerima


Assalamualaikum Wr Wbr,

Setiap tahun, saat-saat menjelang puasa Ramadhan atau menjelang akhir puasa atau lebaran saya selalu dapet SMS, isinya macem-macem yang intinya permintaan maaf atau MEMINTA MAAF dari temen-temen, sahabat dan sedulur2 semua kepada. Anehnya temen-temen jawab juga dengan MEMINTA MAAF bukan MEMBERI MAAF. La wong MINTA MAAF kok dijawabnya dengan MINTA MAAF juga.

Kalo dulu-dulu sih saya juga begitu, semua nomor telp. yang ada di HP saya pasti kirimin SMS untuk ucapin permintaan atau permohonan maaf, wah banyak banget yaa.

Tahun ini saya sempet berfikir agak keras dan sedikit mempengaruhi penampilan saya, jidat saya yang sudah lebar ini dan rambut yang tipis makin bertambah aja, ... ah biar lah yang penting TIPSI,.. Tipis tapi Seksi,.. ha ha .. lebay banget ya saya sedikit narsis..

Kembali ke laptop,.. dari sms itu saya berfikir kok yaa semua sms isinya MINTA MAAF ... gak ada SMS yang isinya MEMBERI MAAF,.. saya agak geli sedikit dan senyum-senyum kecil, bagaimana kalo saya kirim SMS balik yang isinya "Saya BERIKAN MAAF kepada Bapak dan Ibu yang telah mengirimkan SMS MEMINTA MAAF kepada saya", nanti kira-kira tersinggung gak yaa temen2 dan sahabat saya itu?? nanti dikira sombong atau apa gitu,..

Padahal kalo dilihat dari konteks TDA atau Tangan Di Atas, kita harusnya MEMBERI dulu baru kita bisa MEMINTA atau MENERIMA,.. dan beberapa Ustadz yang memberikan Tausiah Ramadhan ini pasti menganjurkan untuk MEMBERI MAAF kepada siapapun mulai dari keluarga, orang tua, teman, sahabat, tetangga dll, ini lebih utama dibanding dengan MEMINTA MAAF.

Bila diperhatikan lebih lanjut kalo kita MINTA MAAF tapi yang di minta tidak MEMBERI MAAF ya jatuhnya gak IKHLAS,.. masih ada dendam, dll. Bila kita MEMBERI MAAF artinya semua persoalan beres, kita IKHLAS dan semua senang. Cuma sayangnya di kita ini budaya EWUH PAKEWUH masih kentara banget, jadi kalo MEMBERI MAAF harus yang lebih tua ke yang muda, sedangkan MINTA MAAF yang lebih muda kepada yang tua, ini salahnya disini ini, padahal persoalan SALAH atau BENAR tidak memperhatikan TUA atau MUDA.

Jadi anjuran buat saya dan temen-temen tolong yaa SMS nya diganti, kata-kata pertama mbok ya o di ganti menjadi MEMBERI MAAF,.. baru deh dilanjutin dengan MEMINTA MAAF,.. masa sih, MINTA melulu gak pernah MEMBERI setiap tahunnya, kalo dikumpulin MAAF nya dari pertama kali bisa ikut lebaran udah berapa banyak tuhh.. dan kata-kata MAAF itu setelah kita MINTA terus cuma di simpan aja, gak pernah di BERI kan lagi kepada yang lain .. he he mau dikumpulin yaa biar jadi banyak..

Tapi itu sekedar anjuran aja, kalo gak mau MEMBERI MAAF juga ga apa-apa, saya akan coba membagi-bagikan kata MAAF saya yang semakin tahun semakin banyak saya simpan dan belum saya keluarkan, temen2 yang ingin saya berikan kata2 MAAF dari saya bisa kirim ke 08161314230, jangan lupa rendang sama ketupatnya bisa dikirim ke rumah saya .. kalo yang ini jangan lewat sms yaa..


Wassalam

Agus Ali
08161314230