Saturday, July 21, 2007

Analisis Tip Top - 2

Saya pernah cerita ke Pak Roni emamng bahwa saya pelanggan TIP TOP sudah 15 tahun lamanya. Setiap akhir bulan saya dan istri pasti belanja untuk keperluan rumah tangga bulanan, dulu sewaktu Tip Top hanya di rawamangun kami pasti ke rawamangun, kemudian setelah ada cabang di Pondok Bambu dan lebih dekat kami lanjutkan belanja bulanan ke Tip Top cabang pondok bambu.

Memang gak disangkal lagi soal harga Tip Top PALING MURAH, saya pernah bandingkan dengan Supermarket sejenis maupun yang lebih besar spt Carefour hasilnya Tip Top tetp lebih murah.

Karena keseringan anter belanja tiap bulan jadi total saya ke Tip Top adalah 12x15 = 180 kali sampe saat ini dari tahun 1992 an, dan saya pasti ke lantai 2 setiap anter istri belanja, daripada saya bengong dan cuma jadi tukang dorong, saya sering liat2 lantai atasnya sekedar mau belanja atau tidak.

Lantai Tip Top dahsyat luar biasa dari tahun 1992 an selalu penuh di akhir bulan, pertengahan awal dan pertengahan bulan lumayan ramai juga di lantai bawah, apalagi di rawamangun kalo di pondok bambu antrian hanya 2 atau 3 saja. Untuk di akhir bulan di cabang rawamangun bisa sampai 15-20 troli untuk bayar ke kasir dan kita mesti antri untuk sekitar 10 kasir, di pondok bambu sedikit lebih nyaman karena walau akhir bulan antrean hanya mencapai 5-8 saja..

Fenomena lantai 2 Tip Top ini memang sedikit aneh menurut saya, dibawah gak bisa jalan tetapi diatas kurang bagus, sangat nyaman untuk berbelanja (karena tidak rame) mungkin antrian hanya 2 atau 3 saja itupun kasir hanya 2. Kalo di akhir bulan lantai 2 paling hanya mencapai 4-5 antrian di rawamangun, utk di pondok bambu jelas lebih tidak antri lagi alias sedikit sepi dibanding rawamangun.

Kemudian saya juga sering beli makanan kecil atau jajanan disekitar Tip Top (di area pinggiran parkir atau luar area), justru makanan kecil dan jajanan ini sangat laku dan banyak pembelinya, mulai dari jual majalah, voucher, roti, dll, keluar sedikit ada bakso, soto, sate padang, justru rame juga. Di Rawamangun pusat jajanan dan makanan kecil memang rame sekitar area Tip Top karena disana ada Apotik RINI, apotik 24 jam yg menjual harga obat sangat murah. maka itu area rawamangun lebih hidup untuk kuliner dan jajanan lainnya.

Untuk cabang Pondok Bambu, dulu pernah ada kantin di sekitar area parkir seperti makanan dan jajanan tapi sekarang saya liat sudah tutp dan hanya ada laundry dan jual voucher, paling kuliner ada di area luar atau dekat jalanan dan memang area luar ini menjadi area kuliner yang sangat laris, mulai dari Soto, Sate, Somay, dll. Terkenal disitu Soto Mie Bogor depan Tip Top pondok bambu. Pasti penuh dan bikin macet kalo siang atau malam hari.

Jadi kesimpulan dari situ semua, sepertinya bila anggota TDA ingin berusaha apapun silahkan aja, saya tidak nakut-nakutin, saat saya nulis ini saya pake otak kiri atau kanan saya juga ga tau yg pasti saya pake otak, kalo gak pake pasti ga bisa nulis... he he..

Sekali lagi ini fakta bukan analisis, bila kurang yakin silahkan analisis sendiri, pastinya lantai 2 Tip Top menurut saya dan yang saya amati kurang begitu bagus, lantai 1 sangat dahsyat, karena harga murah yaa... kalo lantai 2 harga murah bagaimana ???,.. sepertinya lantai 2 harganya murah juga kok.. kurang promo kali ??? mungkin juga... menurut saya Tip Top memang tidak pernah promo di koran2 atau berita lain, mereka dari mulut ke mulut beritanya sampe ke pelanggan setia seperti saya dan istri.

Kesimpulan saya untuk temen2 TDA yg mau buka usaha di Tip Top dan tempat lain apapun jenisnya ada 2 rule yang harus ditaati bila ingin sukses, rule yang pertama menurut saya jangan ikut-ikutan, rule yang ke dua adalah kembali ke rule yang pertama.

Saya pernah alami, ikut2 an, temen TDA yg lain juga, hasilnya ga bagus, jangan sampe terulang lagi hal2 yg ikut2an asal jualan.


Salam Funtasticc


Agus Ali, TDA 2.0
http://agusali.blogspot.com/
"Menuju 11 Digit"

No comments: