Sunday, October 21, 2012

Bisnis Batubara Gimana Sih???


Bicara soal batubara sepertinya gak akan cukup waktunya kalo saya tulis disini pasti panjang sekali, saya akan menceritakan nya dengan singkat mengenai bisnis batubara seluk beluknya kondisi di lapangan serta para pemain batubaranya.

Saya orang baru di batubara banyak hal yang harus saya pelajari, mulai dari keuangan / modal, partner usaha, resiko-resiko maulai yang jecil sampai besar, mendapatkan network yang tepat dan bisa dipercaya mulai dari broker, pemodal ataupun buyer, bila tidak hati-hati efeknya luar biasa, dari bisnis ini bisa kaya sekaya-kayanya atau miskin semiskin-miskinnya. Kalo hidupnya pas-pasan dari bisnis ini pasti ada yg salah.

Karena keuntungannya besar sekali yang sekaligus juga resiko sangat besar, banyak orang tergiur untuk masuk ke bisnis ini, yang membuat saya sangat tertarik karena resiko besar tersebut. Ibarat nya saya akan menaklukkan tantangan paling besar dalam bisnis paling ber resiko yaitu batubara, kalo dari bisnis batubara bisa sukses Insya Allah bisnis-bisnis yang lain lebih mudah menanganinya, maksudnya kita bisa menaklukkan naga Insya Allah ular-ular kecil bisa atasi.

Saya akan sharing ke member komunitas TDA ini sedikit mengenai bisnis batubara, mudah-mudahan berguna, jangan hanya tergiur dengan keuntungannya saja, harus siap menerima resiko bila ingin masuk ke bisnis batubara. 

1. Seperti yang di ketahui bahwa energi alternatif yang paling murah saat ini adalah energi dari batubara, murah karena tersedia di alam tinggal ambil aja, yang membuat mahal adalah biaya untuk mengambil batubara tersebut dari bawah tanah ke atas tanah juga biaya transportasi dan biaya dokumen ijin2 nya. 

2. Batubara adalah proses alami ribuan jutaan tahun lalu dari pohon2 yang berasimilasi menjadi fosil dan hasilnya adalah batubara, makanya kalo diperhatikan batubara mirip dengan arang, kalo arang terbakar, batubara  melalui proses kimiawi dari kandungan tanah udara dan air serta jenis lainnya.

3. Untuk berbisnis batubara ada 6 kategori : 1. Sebagai Trader / Jual Beli, 2. Sebagai Kontraktor (Miner) 3. Sebagai Pemilik IUP OP (IUP Produksi), 4. Sebagai Investor untuk JO (Joint Operation) dengan pemilik IUP OP. 5. Sebagai Broker / Perantara Jual Beli, 6. End User

4. 1. Sebagai Trader (Jual dan Beli) : posisi nya adalah mencari pembeli biasanya pembeli adalah pemakai langsung atau end user seperti ke pabrik2 tekstil, keramik, semen dll. Setelah ada permintaan dari end user, maka trader akan mencari kan spek yang di inginkan end user, biasanya di mulai dengan kalori, GAR atau NAR yang umum adalah GAR cara hitung GAR :

1.       Cara hitung GAR = ADB x (100 – TM /100 – IM)
2.       Kalori tinggi TM rendah --> TM = Total Moisture 
3.       ADB dari sampling

Contoh : 

Total Moisture : 32% - 36%
Inherent Moisture : 12% - 20%
Ash Content : 4% - 8%
Volatile Matter : 38% - 43%
Fixed Carbon : 40% - 45%
Total Sulfur : Max 0.8%
Gross Calorific Value : 4400 - 4200 cal/g ARB


Disini Kalori nya adalah : 5500 - 5300 atau pake GAR 4200 - 4400, yang paling akurat pake GAR gak mungkin meleset kalo pake kalori bisa turun atau naik bila terlalu lama kena panas matahari dan terbakar. Contoh di atas adalah permintaan dari pelanggan dengan spek range yg jelas.

4.2 Sebagai trader anda harus melengkapi semua dokumen dulu untuk bisa menjual batubara, seperti IUP OP (Ijin Usaha Perdagangan - Produksi batubara), COA (Certified of Analysis) atau sertifikat batubara yg sudah di jual, BL Bill of Lading dokumen untuk loading batubara masuk ke tongkang bahwa batubara tsb pernah di jual lewat tongkang atau vessel, ROA Report of Analysis yaitu sertifikat yg dikeluarkan oleh laboratorium tentang jenis batubara yang benar sesuai lab, serta resume tambang yaitu karakteristik batubaranya (spt contoh di atas), Identitas Tambang (nama KP, No IUP OP, Lokasi, Luas Lahan, Deposit dan Kapasitas Produksi),  Pelabuhan dan Logistik yaitu JETY (nama pelabuhan muat, lokasi pelabuhan, jarak tambang ke pelabuhan, kapasitas tongkang yg bisa masuk, serta loading rate berapa dan pake apa), ANCHORAGE (nama anchor port nya apa, lokasi dimana, jarak dari Jety berapa, serta loading rate berapa per hari.

5. Semua dokumen di atas diberikan setelah harga deal dan sebelumnya di buat LOI Letter Of Intent (Surat Ketertarikan Membeli Barang) dari end user ke buyer, setelah semua dokumen diberikan kemudian site survey end user di perkenankan untuk survey ke lokasi tambang atau jety supaya lebih yakin lagi bahwa batubara nya ada dan sesuai spek, bila semua oke lanjut ke MOU untuk kontrak jual beli batubara, walau hanya beli 1 tongkang wajib buat kontrak apalagi ada kontrak tahunan. Setelah itu disepakati kapan mau di kirim batubaranya.

6. Di dalam MOU tercantum harga pembayaran, biasanya kalo miner / penambang langsung harga jualnya cash dgn term pembayaran 50:40:10 yaitu 50% pembayaran DP, 40% saat loading ke tongkang dan 10% saat tongkang jalan ke end user jadi penambang gak menanggung lagi akibat dari transportasi, ada juga penjualan lewat trader yang dibayar pake SKBDN semacam LC lokal atau kalo mau di import pake LC atau SBLC stand by LC kalo cash harga bisa lebih murah kalo pake SKBDN atau LC harga di atas harga cash.

7. Saat ini tidak bisa menerbitkan untuk pemilik KP maka itu biasanya ada Investor yang JO Joint Operation dgn pemilik KP untuk nambang dan Investor kerjasama dengan Miner / penambang untuk mengeluarkan batubara dari bawah tanah dan nanti di jual ke trader bisa lewat broker atau langsung ke trader atau end user. 

8. Misal harga batubara Rp. 400.000 per ton biasanya terdiri dari 100 ribu per metrik ton utk pemilik KP, 100 ribu per MT utk kontraktor, 50 ribu per MT untuk investor sisanya untuk bayar transportasi holing dari lokasi tambang ke jety, bayar sewa lokasi jety, bayar loading unloading, bayar dokumen, bayar tongkang, bayar crusher, bayar conveyor, fee broker dll. Tapi ingat untung 50 ribu / MT untuk investor sudah besar sekali  kalikan 50ribu x 10.000ton (1 tongkang 320feet) = 500 juta keuntungan investor tiap bulan bersih, kalo ada kontrak 1 vessel 50 ribu ton perbulan silahkan hitung sendiri keuntungannya.

9. Pemilik KP besar sekali keuntungannya, ya investor bisa masuk ke perusahaan pemilik KP beli saja sahamnya banyak kok yg dijual jadi pendapatan investor dari pendapatan pemilik KP dan pendapatan JO atau jualan batubara. Pendapatan kontraktor 100ribu ya karena pengeluarannya juga besar, biaya beli alat2 berat atau sewa, biaya solar, biaya sdm, biaya preman, biaya dokumen dll semua dia yg tanggung.

10. Banyak sekali pemain baru di bisnis batubara ini bahkan yang belum pernah pegang dan lihat batubara sekalipun sudah berani menawarkan / menjual batubara atau sebagi investor, dengan hanya melihat proposal mereka berani investasi,.. dan semua uang diserahkan ke kontraktor atau penambang,.. nekat bener, hasilnya banyak yang tertipu,... hal ini sebenernya sama dengan bisnis biasa selain batubara, coba aja anda invest ke bisnis apa saja kemudian serahin ke pengelolanya yang baru anda kenal,... niscaya duitnya amblesss... jalan terbaik adalah berikan waktu terbanyak anda untuk mengurusi bisnis anda yang membuat anda menguras duit tabungan, duit bank bahkan duit orang lain gak ada jalan lain anda harus bekerja keras apapun bisnisnya, do or die lakukan kerja keras atau hilang investasi anda.

11. Banyak juga para mclaren (makelar maksudnya :) ) yang masuk meramaikan bisnis batubara,... sah sah saja semua ada bagiannya, Batubara = barang Tuhan bagi rata,.. semua boleh menjual semua boleh mendapatkan hasil asalkan dilalui dengan proses bekerja, sabar dan berdoa, sama seperti mencari properti yang bagus harga murah dapet cash back, jualan batubara bagi mclaren harus sabar,.. tanya harga sana sini dari trader atau miner, kirim harga ke buyer, minta dokumen ke trader kirim ke buyer, bantu pertemuan buyer dan seler, kalo ga jadi ya coba lagi ... ingat prinsip dapet properti murah 100 - 10 - 1 cari 100 properti dapetin 10 properti potensial dan deal 1 properti yaaa cukup 1 transaksi batubara anda sudah kaya, bayangkan dapet penghasilan 5.000 perbulan di kali 1 vessl (50.000 mterik ton) yaitu 5.000 x 50.000 = 250.000.000 perbulan kalo dapet kontrak 1 tahun = 250 juta x 12 = 3 Milyar setahun dahsyat kan....

12. Selain 6 kategori bisnis ini batubara di atas ada juga bisnis yg men support bisnis inti, ada bisnis 1. Penyewaan Alat Berat, 2. Penyewaan Dump Truk, 3. Geologies, 4. Katering untuk penambang, 5. Outsourcing utk SDM penambang, 6. Training & Education bagi para penambang (driver alat berat + dumptruck, kepala teknik tambang, geologies dll).

Bener gak sih nih bisnis apa cuma akal-akalan penulis,... hehehe ini bukan MLM, dapet 3 Milyar setahun sih duit kecil untuk bisnis batubara,... coba dehhh tekunin aja fokus kerja keras dan berani mau jadi trader, investor, mclaren / broker ... ga ada salahnya mencoba,.. mulai dari yang mudah sebagai Mc Claren tidak apa-apa, dari yang modal nya sedikit dari yang resiko kecil,... mulai dari diri sendiri... yang penting dimulai,... jangan nganggur

Semoga bermanfaat



Wass


Agus Ali
Coal Miner and Trader

51 comments:

Unknown said...

bro, ane pmaen baru di batubara. kyknya sih karena gak ada modal gede,..ane mau posisin dulu jadi mclaren. bisa nggak bro u sharing trader gedenya? soalnya ane punya banyak relasi dengan end user. saat ini ane dah maen di BBM alternatif untuk pabrik. tolong ya bro,..bantu ane biar berkembang

Unknown said...

oh ya bro contact ane di countra99@gmail.com

Unknown said...

Agan Boss, sy mau tanya nih... saya lg coba jadi mediator lahan batu bara nih... ada perusahaan yg beri kepercayaan untuk cari lahan. dan informasinya lahan sudah ada biasanya untuk fee dari jual beli lahan 5% ya boss..., kalau perusahaan ingin kerjasama dengan pemilik lahan saya dapat fee berapa dan bagaimana boss... mohon pencerahan dan petunjuk nya ya maklum baru belajar. email saya ya usmimul@gmail.com

Unknown said...

satu lagi boss kalau saya pertemukan pemilik lahan dan kontraktor yg ingin melakukan kerjasama dengan pemilik lahan saya dapat fee juga ya please informasinya ya usmimul@gmail.com

Adhi said...

Jika ada investor yang sedang mencari lahan batu bara skala dan deposit besar di atas 50 juta MT, silahkan respon via email a.joefriadi@gmail.com.

Adhi said...

Jika ada investor yang sedang mencari lahan batu bara skala dan deposit besar di atas 50 juta MT, silahkan respon via email a.joefriadi@gmail.com.

Teguh Widodo said...

PT Dayaguna Motor Indonesia authorized dealer hi no, menjual truk hi no untuk USA a and a hub teguh widodo 081380378425

Unknown said...

banyakan bukan buyer asli> banyakan mediator

Unknown said...

doposit 50 ha di gar berapa? abeng_hendry@yahoo.com

Unknown said...

thanks gan.. ane jd smangat lg wat bangkit

Unknown said...

thanks gan.. ane jd smangat lg wat bangkit

Anggarino Afrialdhy said...

Tanah kalimantan dijarah oleh negaranya sendiri. Kalimantan merdeka indonesia miskin.

Anggarino Afrialdhy said...

Tanah kalimantan dijarah oleh negaranya sendiri. Kalimantan merdeka indonesia miskin.

Unknown said...

Insyaallah berhasil amiwm

Unknown said...

Insyaallah berhasil amiwm

Danang Buana said...

Selamat Pagi, pak Agus Ali

Saya ingin sekali sharing dengan Anda mengenai bisnis Batu Bara ini yang saya harapkan nantinya sedikit banyaknya akan menambah keilmuan masing-masing dan tidak menutup kemungkinan terikat dalam proses kerjasama.

Saya nantikan balasan Anda, terima kasih.

dan saya ingin menitipkan sedikit iklan di bawah ini.


-IKLAN-

Langsung saja, saya menjual batubara:

1. Range production GAR 4900-5200
2. Stok melimpah
3. Area Pemasaran Luas
4. Dalam Negeri OK!
5. Luar Negeri juga OK!
6. Our Best Quality, Price? terjangkau
7. We are TRUSTED direct owner (family business)

Jika anda butuh batubara dan butuh penjelasan lebih, silahkan contact saya
Elang Nusantara di: 0856 55 704 741

Best Regards,
Thanks

Unknown said...

Ready stock 50.000 Mt. asal BINUANG
Followed Spect:
Parameter Results

Total Moisture ARB : 27.62 %
Inherent Moisture ADB : 8.935 %
Ash Content ADB : 12.725 %
Volatile Matter ADB : 40.7 %
Fixed Carbon ADB : 37.64 %
Sulphur ADB : 0.545 %
Gross Calorific Value ADB : 5580 Kcal/kg
Gross Calorific Value ARB : 4434.5 Kcal/kg

Price : $ 46
Payment : FOB
Term : 50% 40% 10%

Contact: (+6281-703023243) atau (+6281-235060043).

Open for mediator, fee available at 0.5$ per MT

Unknown said...

Trimakasih informasinya

Unknown said...

Sya ready stock batu,document lngsung A1.kontak email sya baguswicaksono309@yahoo.co.id

Nata sukwara said...

Yg punya batubara bisa kirim COA tebaru.asal batu.harga dan pembayaran ke email saya di hutamaenergimakmur@gmail.com

Unknown said...

gan,untuk 1 dump truk batubara sama dengan berapa Ton ya?

Unknown said...

Gan ikut nimbrung nih.. Mau coba2 jadi broker. Kebetulan istri ane kerja di perusahaa. Batu bara dan saya kenal dekat dengan pemiliknya. Yg butuh batu bara, lokasi berau. Hub saya. Serius only ya. 082122884464. Semangat!

Unknown said...

Saya pernah coba2 jd broker,emang sulit....tp saya suka tantangan menjadi broker....bagi yg mencari batubar untuk wilayah lahat dan tanjung enim post ke email saya : mnugrahaprasetyo@gmail.com mudah2an ada jalan.bravo

Unknown said...

Kami Menjual Batubara Middle Kalori langsung dari tambang di sumatera dengan pengiriman Via Trucking..
Kami Melayani untuk pabrik dan Home Industri daerah Jabodetabek dan Bandung..
Ukuran Asalan dgn fine 10-15%
Harga bersaing dan stock banyak..
Hubungi Kami Ari 081367940861 atau Email mirmasri73@gmail.com
Kami Akan Respon secepatnya.

Unknown said...

salam kenal semua, saya baru di bisnis batubara klo istilah mas agus mclaren, butuh batubara type GAR 5000 kebutuhan +/- 150rb ton. mohon info ke ganda_mail@yahoo.com. terimakasih

kang prabu said...

bro ahmad maksundnya perlu GAR 5000 ya...

Mesiyarti Munir said...

Salam kenal...

Kami perusahaan pemasok batubara ke Negara India yang berbasis di Singapura. Semua barang dikirimkan melalui Indian Port..

Bagi anda yang mempunyai batubara mohon mengirimkan detail dan spesifikasi barang ke email :
mesiyartimunir@gmail.com
Hp : +6281804212480

Unknown said...

saya mclaren batu bara yang baru bergabung dengan pembeli batu bara untuk di eksport, mohon di bantu informasinya mengenai kebutuhan BB dengan spek sbb :
1. Gar minimal 4200
2. Sulfur di bawah 0,4
3. Pembayaran SKBDN
4. FOB Vessel

demikian informasi yang sedang customer saya butuhkan , di harapkan untuk ada yang bisa membantu, diharapkan untuk bisa memberikan COA untuk BB yang di butuhkan beserta harga untuk FOB Vessel, bila ada yang bisa mensupport mohon info datanya di email ke mfsidabutar@gmail.com dgn Bapak Matthew

Unknown said...

salam kenal smua
bagi temen2 yang trader/buyer serius yg butuh batu bara untuk wilayah kalimantan selatan,saya bisa bantu hunting/floating batu bara wilayah dikal-sel
contact edyfransiskus@gmail.com

Yudharana said...

Salam kenal,
Bagi buyer ataupun trader yang membutuhkan batubara Gar 61 dengan harga usd 76 dari kalimantan timur dengan pembayaran FOB tongkang dapat menghubungi : 081230119712
Terima kasih

Unknown said...

DBU FREIGHT SERVICES (PPJK)
Navigate your fine customs clearances
Jl.Basuki Rahmat G.3 No.1 KPP, Samarinda East Borneo
Tel.0541 741167 Fax.0541 734210 email : dbu_freight@yahoo.com
Deddy Irwanto,SH (deddy_dbu@yahoo.com)

Unknown said...

Sy mau jual KP batubara di tenggarong kaltim. Luas 5000ha kal 7000up. IUP eksplorasi. Harga nego. Mhn dibantu ya... Email : zr.himura@gmail.com

Unknown said...

JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
Kondisi bahan ;.
- Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
- Bahan tua (galian lama).
- Kualitas super kristal- Sudah tembus.
- Bahan keras dan padat.
- Siap gosok poles.
- Daging utuh, tanpa kapur.
- Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
- Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
Daftar harga :
1 0ns ; Rp 750.000rb
5.ons Rp.2.500.000
1.kg Rp 3.750.000
5 kg Rp 10.000.000
10 Kg Rp 17.500.000
15,kg Rp.20,000,000,
Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
Hp.; 085298487117 atau 082236227266.
pin : 5825a90e.
adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prof ; maluku utara.
barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

Unknown said...

Salam kenal para masta. Kami membutuhkan 210rb mt per bln, bb 5000 gar u/sulsel. Bagi yg punya info hrg bagus, bs kontak sy di 081318020555 (tlp/sms/wa). Nuhun gan

IBU TUTI TKI SINGAPUR said...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Unknown said...

Hahaha bbrp komentar ny pada ngawur..

Disini pasti kumpulan serigala yg kepalanya puyeng, nyariin mangsa yg lugu.... Ah mending idup sederhana secukupnya,, ngapain dibikin ribet, toh ujung2nya kalian pasti mati, nah yang nikmatin uang jerih payah paling si penerus toh..

Unknown said...

gan, apa masih bisa mediator untuk batubaranya. tlfn. (WA) 08563218828

gantungankuncikaret said...

Sini tak bantu bro ada aku banyak stock batu bara

infobio13 said...
This comment has been removed by the author.
infobio13 said...

Bagi seller batubara yg bisa dg pembayaran LC at sight 100% dan PB2% (shipping pertama) silakan info ya...saya ada buyer india yg mensyaratkan demikian. Kalo ada jodoh disini kita bisa lanjut. Trimakasih Agus : 081310764040

Unknown said...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Trabado, pemberi pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi setiap orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (trabadovillaspin@gmail.com)

Rima afriani said...

Saya butuh kalori 5500 kebutuhan 100 ton per hari, ada yg bisa bantu dengan harga yg murah ?

Rima afriani said...

Saya butuh kalori 5500 kebutuhan 100 ton per hari, ada yg bisa bantu dengan harga yg murah ?

Unknown said...

Bisa bro.wa ke 085299901111. Ada stock cargo 30.000 ton

Unknown said...

Wa 081809906727 saya ada batu bara khusus suppy pabrikan juga.. Kalau ada spek boleh
Email ke aderisnayadi@outlook.com

Unknown said...

Saya ada stok barang =gar 4000/4200.
Buat yg buat yg berminat sungguh2
Hubungi di email(myani9402@gmail.com

Agung said...

Ibu @rima Afriani..saya bs suport batubara dengan kalori yg anda butuhkan.hubungi saya di +6281325553281

Vitoanres said...

Yang butuh batubara dengan spek kalori tertentu, silahkan hubungi 081808484502.

Unknown said...

serius

abin2369 said...

Yg punya buyer, Butuh batu bara bisa email saya di abin.pocatech@ gmail. Com, harga menyesuaikan ICI

Solution said...

Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

Salam
THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya