Friday, October 19, 2012

Cara Gagal Berbisnis


Bicara cara sukses berbisnis sudah banyak sekali yang menulis, bukan hanya menulis tentang cara sukses berbisnis bahkan ada trainingnya, ada pelatihannya bisa ikutin yang satu hari, dua hari atau seminggu sekalian.

Saya gak tau cara sukses berbisnis yang saya tahu tentang CARA GAGAL BERBISNIS. Karena menurut saya SUKSES BERBISNIS adalah suatu persepsi seseorang. Banyak yang bilang "bapak sukses ya bisnisnya" tapi orang itu cuma tersenyum,.. dalam hatinya bilang "matamu sukses la saya aja belum dapet apa-apa". Paling dia menjawab "terimakasih", coba di tanya lagi mendetail tentang kesuksesannya pasti dia gak mau cerita. Atau dia akan membela diri dan bercerita seolah-olah sukses kepada yang bertanya.

SUKSES BERBISNIS itu relatif, menurut anda sukses menurut saya belum, menurut anda awesome luar biasa sukses mulia, menurut saya belum apa-apa mas, jadi kesimpulannya menurut saya SUKSES BISNIS itu masalah persepsi saja, tiap-tiap orang akan berbeda.

Bahkan banyak pengusaha gak mau bilang GAGAL BISNIS, takut gagal beneran atau nanti akan gagal,.. mereka bilangnya BELUM BERHASIL,.. menurut saya kalo GAGAL ya GAGAL saja gak perlu pake kalimat lain,..

Di dunia ini ada SIANG ada MALAM, SEDIKIT ada BANYAK, ada KECIL ada BESAR, ada HITAM dan ada PUTIH ada SUKSES ada GAGAL, jadi gak usahlah takut dengan kata GAGAL, biasa saja GAGAL atau SUKSES ya biasa saja...

Kalo cara SUKSES BISNIS sudah banyak dibahas, pasti bosen bacanya ya nyuruhnya ya itu-itu aja, kerja keras, kerja lemas (sampe lemas) hehehe, banyakin ibadah, keluarin zakat sedekah, keluarin ilmu bisnis, cari partner yang ahli, nah soal cari partner yang ahli mungkin si partner yg ahli pengennya juga punya partner yg ahli juga atau modalnya banyak deh setidaknya,.. biar sama-sama ada effortnya.

Berikut cara-cara GAGAL BISNIS yg saya tahu :

1. TIDAK JUJUR

Jangan pernah anda berkata jujur kepada siapapun termasuk anak istri, partner bisnis, pelanggan/konsumen atau karyawan anda sendiri. Dengan tidak berkata anda akan di CAP sebagai tukang bohong, tukang nilep duit, tukang tipu, tukang selingkuh dll. Silahkan melakukan TIDAK JUJUR kepada orang2 yg saya sebutkan tadi, gak lama pasti bubar bisnisnya.

2. TIDAK MAU DI ATUR

Silahkan anda berbisnis dengan aturan anda sendiri, buka toko di pinggir jalan gak pake ijin RT/RW/Kelurahan atau ijin pemilik Ruko. Silahkan anda buang sampah sembarangan dari hasil bisnis anda di depan toko sebelah, silahkan anda ambil sendiri keuntungan gak mau bayar gaji karyawan, gak mau bagi-bagi partner. Niscaya paling lama 1 bulan bisnis anda bertahan.

3. PEMARAH dan PEMAAF

Nah yang ini agak beda nih. Untuk pengusaha yang sangat PEMARAH dan sangat PEMAAF, pasti ada efeknya. Untuk yang sangat PEMARAH, coba aja marahin tuh tiap hari karyawannya pasti mogok dah, coba aja juga pelanggannya di marahin "kalo beli yang banyak dong, jangan sedikit capek saya ngelayaninnya" atau marahin si pelanggan harus beli tiap hari, gak lama dah tuh bisnis tutup. Untuk yang sangat PEMAAF, ini sebenernya bagus, tapi karena sangat PEMAAF jadi ga bagus, coba deh kalo pelanggan beli banyak ga bayar-bayar "biarin deh kasian dia" atau karyawan nyolong duit "biarin deh kasian dia dah lama gak nyolong" kalo semua pelanggan ga ada yang bayar si pemilik cuma bilang "birin deh kasian mereka", bubar dah tuh bisnis minggu depan tutup.

4. GAK MAU MENGAKUI GAGAL BISNIS

Yang ini banyak di alami pengusaha sekarang, banyak yang mikir "saya sudah bisnis 6 bulan sampai 1 tahun kok bisa ya GAGAL" ya bisa saja,... gak usah yang dibawah 1 tahun perusahaan KODAK saja yg sudah puluhan ratusan tahun bisa bangkrut,... banyak juga yg gak mengakui kegagalannya, gengsi atau gak terhormat katanya, banyak yg sudah jelas-jelas gagal gak mau di tutup dulu tetep saja melakukan kesalahan yang sama karena malu dilihat orang. Beberapa anggota TDA banyak nih seperti ini, bisnisnya dilakukan sendiri karena kesalahan sendiri banyak hutang karena hutang-hutangnya sendiri, ada seminar atau mastermind atau KMB yg diadakan TDA gak mau ikut karena alasan sendiri,.. ehhh giliran bisnisnya sudah parah, gagal baru lapor ke TDA,.. ya gak apa-apa sih kan kita sodara se komunitas hehe..
Sebenernya kalo gagal ya sudah gagal saja, tutup saja bisnisnya review dulu, kerja dulu deh sama orang, lunasin hutang-hutangnya dulu, ibarat penyakit kalo gak bisa di obatin ya di amputasi,.. ga usah gengsi,.. tetapi setelah siap mental dan modal ya harus BISNIS lagi, jangan kapok... bangkit lagi BISNISnya.. Chairul Tanjung pernah gagal bisnis, Dahlan Iskan nyuruh kita gagal dulu waktu PW 2012, banyak kok pengusaha2 TDA yang pernah gagal terus bangkit lagi,.. sukses gak setelah gagal bisnis terus bangkit lagi? wah kurang tau saya, sukses kan masalah persepsi... menurut anda Chairul Tanjung sukses gak?

Kira-kira begitulah persepsi saya kalo mau tau CARA GAGAL BERBISNIS, ... saya juga mengalami dan merasakan nikmatnya gagal, manisnya ga punya uang dan indahnya di tagih hutang.



Semoga bermanfaat

Agus Ali

5 comments:

susan said...

Wah oke juga tulisannya mas , saya juga baru memulai usaha nich. Betul juga pendapatnya mas kalau sukses itu adalah persepsi karena menurut saya setiap jenjang kemajuan usaha pasti kita akan merubah persepsi sukses kita

susan said...

Wah oke juga tulisannya mas , saya juga baru memulai usaha nich. Betul juga pendapatnya mas kalau sukses itu adalah persepsi karena menurut saya setiap jenjang kemajuan usaha pasti kita akan merubah persepsi sukses kita

DNC said...
This comment has been removed by the author.
DNC said...

Wow, uraiannya "nancep" banget...jleb...hehe

Memang banyak ya, orang yang nggak mengakui kegagalan. Untuk ini saya selalu ingat, tim nasional sepak bola kita.

"kita cuma belum beruntung" <== kalau kalah bertanding.

Salam,

Elsa.

My latest post: 5 Prinsip Sukses Ala Perusahaan Raksasa Rakuten

bagus wicaksono said...

Slam.mualaikum mas agus,tulisane apik tenan athek matamu brang.ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ ..lucu ditulis dan dibaca bkan berarti hrus dipraktekan tpi mlihat dri sdut yg lain...sya suka wacana dri pean,slam knal mas.dri bagus jombang