Friday, June 20, 2008

Tips Sederhana Menjual Dengan Dahsyat




Ada beberapa tips memaksimalkan penjualan yang baik yang pernah saya dapatkan sewaktu mendengar di radio kesayangan saya beberapa waktu yang lalu. Ini tips yang biasa aja sih menurut saya, sering kita jalankan juga Cuma kadang juga kita lupa jalanin tahapan-tahapan untuk memaksimalkan penjualan ini supaya hasilnya lebih dahsyat kata Pak Tung, yang pasti ini bukan nyebarin duit loo.. he he..

Kalo kita bayangin kita punya usaha jualan Spare Parts dan Asesorisnya pasti akan jelas nanti contoh tahapan-tahapan penjualan ini.

Selling atau Menjual

Ini tahapan awal dalam berusaha, pasti dong semua pebisnis harus bisa menjual barangnya atau jasanya, ini mah kudu harus dilakukan. Kalo pengen berbisnis tanpa bisa menjual mah sama juga boong katanya Pak Hermawan Kertajaya.. yang ini basic banget dehh,..

Toko spareparts di senen juga begitu, para pegawenya harus bisa menjual barang dagangan boss nya, atau juga si boss langsung jualan barang dagangannya sendiri gampang kan.. semua pasti setuju dengan saya yang namanya berdagang pasti harus bisa menjual.

Apa Cuma sekedar menjual atau apa sih ? ya enggak lah, yang pasti mulai dari menawarkan barang dagangan si penjual harus menjelaskan atau edukasi tentang produknya, kelebihan2nya, yakinkan pembeli bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi barang, berikan keramahan dan buat akrab si pembeli sehingga suasana jadi cair, juga kemudahan untuk pembelian berikutnya misalnya diberikan harga khusus.

Repeat Selling atau Melakukan Penjualan Kembali

Nah tahapan ini dilakukan bila si pembeli sudah pernah membeli barang kita, lakukan penjualan kembali ke orang yang sama dengan menjelaskan barang-barang lainnya yang ada di toko, kegunaannya, fungsinya, kelebihannya dan lain-lain.

Di tahapan ini kita tidak perlu memberikan harga khusus, biasanya si pembeli sudah mengerti tentang barang kita sendiri bahwa itu memang barang yang bagus dan si pembeli pasti puas, buktinya dia balik lagi untuk beli di tempat kita, jadi harga udah gak masalah, tinggal kita pertahankan kualitas saja.

Disini kita jelasin deh barang-barang atau produk kita yang lainnya, karena dengan kita jelasin dan semakin di pembeli teredukasi maka kita mendapatkan leads baru lagi untuk barang yang lain. Jadi mencari leads juga bisa dilakukan dengan pelanggan lama tetapi produk yang ditawarkan baru.

Cross Selling atau Melakukan Penjualan Silang

Untuk tahapan ini lakukan penjualan silang dengan produk lainnya, misalnya beli produk A maka akan dapat diskon produk B. Beli produk C, bonus produk D. Beli Produk E akan dapet produk F.

Juga bisa menempatkan produk-produk lainnya di posisi yang bisa dilihat oleh pembeli, misalnya produk parfum di letakkan di depan, produk gantungan kunci dan asesoris lainnya diletakkan di kasir, dsbnya untuk memudahkan si pembeli melihat produk2 tersebut.

Nah saat si pembeli membayar biasanya dia akan melihat2 sambil menunggu pembayaran, ini akan menjadi leads yang bagus untuk produk2 lainnya, kemungkinan besar si pembeli menambahkan pembelian yang tidak mereka perlu beli sewaktu membayar di kasir, atau juga kita tawarkan langsung ke pembeli, perlu tambah oli gak, tambah minyak rem gak, perlu pengharum mobil, atau wipernya masih bagus pak.. dari tawaran2 yang aktif itu bisa terjadi transaksi tambahan.

Referral selling atau Melakukan Promosi Penjualan Ke Pembeli Lainnya

Kalo tingkat kepercayaan si pembeli sudah tinggi biasanya tidak kita ingatkan pun si pembeli akan merekomendasikan produk kita kepada orang lain bisa temennya, saudara, kakak adik, yang mereka piker sedang membutuhkan.

Biasanya tanpa disuruh si pembeli akan promosi, wah di tempat ini barangnya bagus, murah, penjualnya ramah, pelayannya cakep dan lain-lain. Tetapi juga kita tetep harus memperhatikan ini, kita bisa juga minta ke si pelanggan ini yang beli produk kita untuk merekomendasikan ke rekannya, saudaranya dll. Bisa juga ke komunitas2 yang lain in saat ini seperti komunitas otomotif atau lainnya.

Jadi menjual produk atau barang kita bukan hanya sekedar menjual, tapi bagaimana menjual yang dahsyat dengan tingkat penjualan besar tiap hari dan bulan dan tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi kepada produk kita itulah yang kita butuhkan, kalo sudah begini ibarat kita punya pasif income, pembeli dating terus … kasihhh dahhh..

Semoga bermanfaat,… wassalam


 

Agus Ali, S

http://agusali.blogspot.com/

3 comments:

Kang Li said...

terima kasih atas artikelnya yang bagus...dan memberi banyak masukan bwt saya. sukses ya!

Andry said...

Tips yang bagus dan cocok untuk saya yang baru memulai usaha menjadi distributor untuk area JABOTABEK produk chemical maintenance dan cleaner, Westers, USA. Produk yang baru di launch adalah Penetrate Cleaner (sudah di produksi di local) dimana semua persyaratan produk seperti perizinan, MSDS dan COA sudah lengkap. Bila tidak ada hambatan, dalam beberapa waktu mendatang akan diproduksi pula carburator cleaner, magic cleaner, silicone lube dll. Bila tidak berkeberatan mohon saran dan masukkannya atas usaha yang baru saja saya rintis, Bang Ali. Terima kasih.

Seminar TDW BEM FK UNS Surakarta said...

"FINANCIAL REVOLUTION 3 JAM Bersama TUNG DESEM WARINGIN"


#PELAKSANAAN:
MINGGU, 28 Juni 2009
Jam 08.00-14.00 wib
Sumaryo Ballroom of the SUNAN HOTEL Surakarta (SOLO)

#FASILITAS:
1. Sertifikat
2. Lunch
3. Doorprize
4. Seminar Kit

#HTM

MAHASISWA Rp 195.000 / Rp 225.000 (on seat)

UMUM Rp 275.000 / Rp 300.000 (on seat)

VIP Rp 450.000 / Rp 500.000 (on seat)


Pendaftaran dan Pembayaran:
1. Datang Langsung ke Sekretariat BEM FK UNS
Jln. Ir. Sutami 36A, Jebres Surakarta

2. Via Transfer ke Bank Mandiri
a/n : Etika Andi Rakhman
a/c : 1410004736393

3. Via Email : " seminartdw_bemfkuns@yahoo.com
(menyertakan bukti pendafataran)

#Contact Person:
1. FX NANA SUTONO 085641567574
2. TIKA 085262660037
3. CHAIRUNNISA 085642257534


LIMITED SEAT for 400 persons