Wednesday, January 23, 2008

Boleh Pake "Sepatu Orang Lain" Asal.......


Wah pagi ini cerah sekali perjalanan menjemput rejeki, sambil dengerin Smart FM mulai dari jam 7 sampai 9 pagi acaranya bagus-bagus, ya memang setiap hari kamis adalah acara favorit saya karena di stasiun radio menampilkan 2 tokoh berlainan ilmu yaitu Pak Antoni Dio Martin dan Mas Helmi Yahya.

Jam 7 sampai 8 Pak Antoni memberikan ilmunya dengan sangat jelas dan baik. Pakar NLP yang sangat antusias dalam berbicara ini selalu menjadi inspirasi saya tiap kamis. Begitu juga dengan Mas Helmi, dengan ilmu street smart selalu menceritakan pengalaman pribadinya bukan hanya pengalaman manis juga yang pahit.

Materi yang dibawakan Mas Helmi 2 minggu ini adalah tentang SEPATU, maksudnya sih tentang BISNIS tetapi analogikan dengan sepatu. Dalam satu jam pembelajaran saya sangat menangkap dan setuju dengan Mas Helmi, jangan asal saja PAKE SEPATU ORANG LAIN atau BOLEH PAKE SEPATU ORANG LAIN asal...

Maksudnya sih jelas kalo mau berbisnis jangan cuma PAKE SEPATU ORANG LAIN atau NIRU ORANG LAIN plek .. blekk.. justru harus melihat diri sendiri, row model bisnis kita yang kita senangin itu seperti apa sih ?, passion kita dimana ??

Boleh pake sepatu orang lain asal,...

1. Sudah melihat PASSION kita mau berbisnis apa,.. mau IT, Garmen, Toko, Alfamart, Makanan ... look at yourself ..!! anda inginnya apa ?? liat kepada diri anda sendiri, inginnya apa. Anda rasakan nanti bisnis ini akan membuat anda ENJOY atau TIDAK ENJOY, diskusikan dengan istri, orang tua, saudara, kakak adik, atau teman2 anda.

2. Padukan dengan PENGETAHUAN anda, apakah bisnis yang akan anda tiru ini anda sudah mengerti apa belum ?? kalo belum cari tahu bisnis sedalem-dalemnya, belajar cepat dari ROW MODEL bisnis yang sudah sukses sebelum memulainya, kalo sudah tahu perdalem lagi pengalaman2 orang lain baik dan buruknya, jadilah MASTER disitu.

3. Ketahui diri anda sendiri, apakah anda orang nya SUKA PELAN-PELAN atau SUKA CEPAT atau KADANG PELAN KADANG CEPAT, maksudnya sih anda sendiri itu orangnya seperti apa, kayak CACING KEPANASAN yang gak bisa diem sejam dua jam, pengennya aktif terus atau orangnya KALEM .. klemar-klemer aja, sukanya nungguin atau anda KALEM terus tiba-tiba PANIK dsbnya. Nah ini juga nanti akan menjadi patokan PASSION anda dalam berbisnis, kalo bisnisnya nunggu pelanggan sementara anda gak sabaran kan akan menjadi masalah buat anda, membuat anda stress gak keruan.

4. Buatlah semacam RENCANA BISNIS kecil, nah ini yang paling penting buat rencana bisnis kecil anda, misal anda ingin jualan seperei Pak Hadi, buat rencana kecil dengan menuliskan kapan rencana Pembelian, Rencana Jualan dan Rencana Target selama 1 minggu, begitu seterusnya sampe 1 bulan dengan setiap minggu menambah stok dan penjualan. Apabila anda terbiasa dengan rencana segera bikin SOP nya atau buat SISTEMnya.

5. MODIFIKASI pengalaman, ini no. 2 yang penting juga kalo prinsipnya AMATI dan TIRU harus ada juga MODIFIKASI, kalo temen2 lain yang jualan seprei Pak Hadi lewat online atau dari mulut ke mulut anda pake cara lain, misalnya : jualan selimut lewat door to door ke rumah-rumah pake motor, jualan selimut ke hotel-hotel melati disekitar anda pake motor, atau jualan selimut dipaketin dengan produk lain, dll. Intinya kreatif dan modifikasi terus cara berjualannya.

Jadi gak ada salahnya kok kita mulai bisnis dengan meniru orang lain atau istilah PAKE SEPATU ORANG LAIN, asal kita terapin hal-hal diatas dengan yakin, konsisten, konsekwen dan kerja keras, jangan malu untuk mencoba, jangan malu untuk belajar, jangan gengsi dengan status sekarang, saya yakin anda akan BERHASIL.


Salam Funtasticc

Agus Ali
"Menuju 11 Digit"

No comments: