Wednesday, June 5, 2013

Gagal vs Sukses




Gagal atau Sukses dalam kehidupan itu relative, tergantung persepsi masing-masing. Gagal menurut saya belum tentu dibilang gagal menurut orang lain, begitu juga dengan sukses menurut saya pasti beda dengan pendapat orang lain.

Kalo diperhatikan kata “GAGAL” menurut Ejaan Bahasa Indonesia adalah : 1. Tidak berhasil; Tidak tercapai (maksudnya) 2. Tidak jadi. Begitu juga dengan kata “SUKSES” artinya : 1. Berhasil; Beruntung.

Kedua kata di atas sebenernya di alami oleh Mahluk Hidup setiap harinya atau setiap saat. Contoh sederhana “ahh sukses juga gue ngejar angkot”, “ahh berhasil keluar juga nih upil, udah di korek2 J” atau “yahh gagal gua ngejar tuh cewek”, “mau dapetin nilai 6 aja susah amat, gagal melulu ujian gue”.

Nah Gagal vs Sukses di atas contoh yang sederhana, makanya kita jangan trauma dengan kata “GAGAL” atau “SUKSES” biasa aja, la wong di alami setiap hari setiap saat.

Begitu juga dengan bisnis sama aja dengan kehidupan pasti ada “GAGAL” dan “SUKSES” nya. Kalo sukses ga usah pesta pora merayakan kesukses annya kalo gagal ya biasa aja… lama-lama akan terbiasa,..

Saya akan ceritakan pengalaman bisnis saya yang pernah gagal 11x :

1. Bisnis Konveksi alhamdulillah gagal
2. Bisnis baju muslim wanita ... Gagal
3. Jualan baju anak di ITC mgg dua... Gagal
4. Jualan gadget di Mgg 2 sqr ... Gagal
5. Bisnis IT hardware & konsultan ... Gagal
6. Beli prencess Autobridal cuci & salon mobil ... Saya jual saham nya ke partner .. Gagal
7. Pindah bikin bengkel mobil umum, buka cabang tutup, buka lagi tutup lagi buka lagi tutup lagi, buka lagi tutup lagi, buka lagi, buka lagi, buka lagi, buka lagi... Capek.. Jual saham ke partner... Gagal
8. IT Training Centre ... Serahin ke partner... Gagal
9. Buka bengkel motor di tegal ... Ga ada yg ngawasin ga ada laporan ... Gagal
10. Bisnis online... Gagal ... Ga di terusin..
11. Perush stokpile batubara, investasi 1 M lebih...Gagal.. Jual ke buyer cuma 200 juta... Sekarang msh proses pembayaran .. :)

Bisnis saya yang sekarang adalah :

11. Perush IT Konsultan & Outsourcing ... Alhamdulillah... Jalan
12. Perush Agen tunggal alat instrumen mekanikal lab / kesehatan dari Jerman ... Alhamdulillah jalan ... (Best sales asia pasific)
13. Perush batubara di tipu melulu,... Jalannya terjal dan panjang alhamdulillah masih jalan

Rencana ke depan buat perusahaan

14. Perush Power Plant technology plasma / elektroda : pake sampah (semuasampah) dgn hasilnya listrik  / methanol / bahan kimia (kerjasama dgn perush Australia, sdh ada investor nya nilainya 1,2 T)
15. Perush Investasi
16. Ga tau deh mau buat apalagi...

Apakah saya MENYERAH??.  Buat saya selama dikasih nyawa sama Allah ga ada kata "MENYERAH", selama diberikan nafas  & kesehatan "Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas" walau nanti sdh umur 70 atau 80 kalo msh bisa dipake tenaga nya ga ada kata "Pensiun".

Bagi temen-temen yang bisnis mau gagal, sudah gagal dan sekarang masih galau karena gagal bisnis dan mau menangisi bisnisnya silahkan saja, saya juga nangis tapi nangis malem2 saat tahajud, curcol aja sama Allah nangis sekeras2nya .. Biar lega ati :)

Alhamdulillah smp skrg masih di kasih NYAWA sama Allah SWT, dan alhamdulillah di kasih jalan terbaik. Skrg fokus ke bisnis energi... Apakah nanti gagal lagi??? Ga ada yang tau hanya Allah yg tahu kita manusia jalanin aja peran kita di dunia.. Yang penting setiap gagal bisnis semakin ke atas / ke tujuan

Apa sih kesimpulan dari beberapa kegagalan cinta ehh kegagalan bisnis saya???

1.       Coba perhatikan bisnis saya yang gagal di atas, nilai nya makin lama makin besar. Artinya mulai dari bisnis ratusan ribu ke puluhan juta, gagal, coba bisnis dari puluhan juta ke ratusan juta, gagal lagi coba bisnis dari ratusan juta ke milyaran, gagal lagi coba bisnis milyaran ke puluhan milyar dan terakhir triliun. Ini namanya gagal yang berkelas, biar gagal asal naik kelas,…
2.       Ambil kesimpulan dan pelajaran dari setiap kegagalan, ga usah terlalu lama menangisi kegagalan, cepat bangkit dan naik kelas.
3.       Networking dan silaturahmi ke pengusaha-pengusaha besar untuk dapatkan strategi bisnis yang besar, merendah lah untuk menjadi murid yang baik.
4.       Jangan cepat puasa dengan kondisi bisnis saat ini, cepat atau lambat saingan kita akan menyusul dan cepat atau lambat strategi bisnis kita saat ini akan jadi kuno, perlu banyak belajar dan terapkan di bisnis sendiri.
5.       Bagi bisnis pemula sekedar buka bisnis ga apa, tapi setelah pengalaman 2-3 tahun harus naik kelas, silahkan di tutup bisnis nya untuk pindah ke bisnis lain yang lebih besar atau membesarkan bisnis nya saat ini sebesar-besarnya.

Semoga mengharukan

Salam

Agus Ali
Twitter: @agusali

4 comments:

bagus wicaksono said...

Salamualalikum...mas agus ali.nama sya bagus wicaksono bila anda membaca koment sya ini adalah dri orang yg ingin sukses sperti anda(dri kcamata sya)"mnurut pngalaman yg anda bagi".sya pengalaman dri proyek&sratus prsen orang lapangan tpi mau belajar jdi pengusaha.gmn cranya?

ILHAM SUDJONO said...

SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di http:// danahibahghoib-alkhairat.blogspot.com karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

ILHAM SUDJONO said...

SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL.
Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi,
Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah gaibnya, semua masalah Ekonomi hutang saya terselesaikan. untuk konsultasi tata caranya silahkan kunjungi wapsitenya di [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣] karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

Wawan Hikmawan said...

Saya dulu pernah mengalami kesusahan karena hutang, namun akhirnya sy dibantu oleh seorang kyai yg benar2 dpt membantu kesulitan sya. Coba anda buka
http://danahibahgoibdermawan.wordpress.com/2013/12/28/dana-gaib-tanpa-mahar/
Saya telah terbantu dan beliau membantu secara ikhlas.
Saya hanya berpesan, hati2 utk meminta bantuan kepada orang apalagi bila meminta bantuan Paranormal. Jangan sampai anda dibohongi dg janji atau bukti2 palsu. Cek kebenarannya dulu, jangan mudah percaya begitu saja. Karena anda akan semakin menderita kalau meminta bantuaan pada PENIPU2 yg BANYAK PASANG IKLAN DI INTERNET, anda yg sdh susah akan tambah susah. Utk saudara2ku yg dirundung kesedihan karena beban hutang tetap semangat n jgn menyerah, karena yakinlah segalanya pasti ada jalan keluarnya. Terima kasih.